Be Your Inspiration

Friday 1 November 2019

Nanggu, Sudak dan Kedis, Tiga Gili Nan Memesona di Sekotong Lombok Barat

Pemandangan alam di tiga gili di Sekotong yang begitu memesona. (Dokumentasi Humas Setda Lombok Barat)

LOMBOK dikenal memiliki banyak gili atau pulau-pulau kecil. Namun selama ini, yang paling populer dan paling banyak dikunjungi wisatawan yakni tiga  gili yang ada di kawasan Lombok Utara yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Jangan salah, selain tiga gili di Lombok Utara itu, wilayah yang terletak di Provinsi NTB ini juga punya gili-gili lain yang tak kalah eksotis.

Adalah di kawasan Kabupaten Lombok Barat, wisatawan bisa mengeksplorasi keindahan gili-gili lain yang juga cantik. Di kawasan Lombok Barat ada banyak gili yang bisa dikunjungi. Sebut saja Gili Tangkong, Gili Gede, Gili Asahan, Gili Sudak, Gili Nanggu dan Gili Kedis. Di antara gili-gili tersebut, yang paling sering dikunjungi dan memang punya panorama yang cantik adalah trio gili yaitu Nanggu, Sudak dan Kedis yang dikenal dengan sebutan Gita Nada.

Bagi pengunjung yang tak suka keramaian dan ingin menikmati pantai lebih privat, maka trio gili ini menjadi pilihan yang tepat.  Brechler, wisatawan asing asal Prancis akhir pekan kemarin menuturkan, suasana dan pemandangan di tiga gili tersebut bagaikan emas. "Di sini tidak terlalu ramai, bangunannya sedikit jadi terasa tenang dan nyaman, tidak seperti di Bali yang begitu banyak orang. 
Cuacanya pun bagus terlebih pantai-pantainya yang bagi kalian seharusnya adalah emas," akunya.

Trio Gili ini punya hamparan pasir putih dan air lautnya yang jernih. Gradasi warna lautnya membuat mata akan terpesona keindahannya. Saking jernihnya, banyak wisatawan mancanegara berlibur kesini melakukan aktivitas seperti snorkeling. Karena pemandangan bawah lautnya dengan terumbu karang yang indah, berbagai jenis ikan-ikan dan biota laut lainnya sangat gampang di lihat di gili ini.

Pengunjung pun bisa menikmati pemandangan di sekeliling gili yang memanjakan mata. Pengunjung  juga bisa camping di tiga pulau kecil ini.Untuk menuju lokasi ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Kota Mataram. Untuk menyeberang ke pulau-pulau kecil ini, wisatawan harus menyeberang melalui Pelabuhan Tawun di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Raili pemilik kapal di pelabuhan tersebut mengatakan,  wisatawan hanya perlu menyewa kapal kayu bermesin dengan tarif Rp250 ribu untuk keliling tiga gili tersebut. Kapal akan mengantarkan wisatawan ke gili-gili yang dituju dan mengantar kembali ke Pelabuhan Tawun."Selain membayar sewa kapal, wisatawan juga harus membayar tiket masuk ke gili Rp5.000 per orang dan untuk wisatawan asing sebesar Rp15.000," ucapnya di sela-sela menahkodai kapalnya menuju Gili Nanggu.
Dari Pelabuhan Tawun, perjalanan penyeberangan ke Gili Nanggu menempuh waktu sekitar 20 menit saja.

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi tiga gili ini dengan rute pergi-pulang, jangan khawatir, pemilik kapal akan menunggu jika para tamu ingin singgah dan menikmati tiap gili. Penyeberangan menuju antar gili hanya perlu menempuh waktu sekitar 10 menit. Sepanjang penyeberangan, wisatawan akan disuguhi panorama pantai yang cantik. (Heru Zubaidi/Suara NTB Lombok Barat )
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive