Be Your Inspiration

Friday 4 July 2014

Aset Pemprov NTB Capai Rp 10,2 Triliun



Kepala Biro Umum Setda NTB H. Iswandi Ibrahim (tengah) 
saat jumpa pers soal jumlah aset Pemprov NTB, Jumat (4/7/2014)
Aset pemprov NTB saat ini tercatat sebesar Rp 10,2 triliun lebih. Namun untuk tetap mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) penggunaan anggaran yang sudah diperoleh tiga kali berturut-turut, Pemprov NTB terus akan melakukan penatausahaan aset atau Barang Milik Daerah (BMD). Salah satu kegiatan yang akan dilakukan dalam enam bulan kedepan adalah sensus aset atau Barang Milik Daerah (BMD).


“Sensus  ini dinilai perlu dilakukan untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas LKPD tahun 2014 mendatang. Selain itu, jumlah aset milik pemprov NTB terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, baik jumlah nilai maupun fisiknya,” kata Kepala Biro Umum Setda NTB, Ir. H. Iswandi Ibrahim, M.Si, Jumat (4/7/2014).
Disebutkan, tahun 2009, jumlah aset milik pemprov NTB mencapai Rp 2,9 triliun. Meningkat menjadi Rp 10, 2 triliun pada tahun 2013 dengan jumlah 542 ribu lebih item barang. Peningkatan nilai aset yang cukup besar ini berimplikasi terhadap peningkatan jumlah fisik sehingga menuntut pengelolaan. Sensus barang milik daerah  terakhir  dilakukan pada tahun 2009. Sensus barang milik daerah tahun 2014 ini merupakan sensus kali kedua yang dilakukan pada masa kepemimpinan Gubernur Dr. TGH. M. Zainul Majdi.

“Sensus ini akan melibatkan 79 unit  pengguna barang. Meliputi SKPD dan UPTD sebagai pengguna BMD. Pada setiap SKPD,  akan melibatkan semua penanggungjawab ruangan dan PNS yang menggunakan aset milik pemprov NTB,” jelasnya.

Untuk mengarahkan terselenggaranya sensus barang milik daerah tahun 2014 ini, lanjutnya  akan dibentuk beberapa tim. Di antaranya tim pengarah yang dipimpin langsung oleh Gubernur NTB, Dr. TGH. M Zainul Majdi. Tim pelaksana yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah NTB, H. Muhammad Nur, SH, MH  di tingkat pengelola dan masing-masing kepala SKPD di tingkat SKPD.  Sedangkan tim sosialisasi akan dipimpin oleh Dishubkominfo NTB yang akan dimulai pada Juli ini. “Sensus ini akan dilakukan mulai  Juli ini  hingga 31 Desember mendatang,” pungkasnya. (suara ntb)


Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive