Be Your Inspiration

Friday 12 April 2019

Tarian Doro Mantika, Gambaran Peradaban Masyarakat Dompu Sebelum Tambora Sebelum Meletus


Ratusan penari saat mempertunjukkan tarian Doro Mantika. Tarian tersebut gambaran peradaban masyarakat pra dan pasca letusan Tambora 1815 silam, Rabu (11/4/2019)
Puncak Festival Pesona Tambora (FPT) 2018 lalu, dimeriahkan tari kolosal Nggahi Rawi Pahu dengan 203 penari. Tahun ini, tarian serupa juga ditampilkan. Tetapi dengan tema dan jumlah penari yang berbeda, yaitu tarian kolosal Doro Mantika.

Tarian itu diangkat sebagai gambaran kehidupan masyarakat Dompu. Khususnya di lereng gunung tambora pra dan pasca letusan dahsyatnya 1815 silam. Kondisi sumber daya alam yang melimpah dan dinamisnya kehidupan masyarakat direpresentasikan dalam setiap gerak, suara dengan paduan kearifan lokal.

Pasca letusan misalnya, tambora telah menghasilkan bentang alam, tumbuhan dan binatang endemik. Seperti pohon Dua Mangga dan Ayam Hutan Hijau atau yang dikenal dengan Peo dalam bahasa daerah setempat. Termasuk burung kaka tua putih.

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Dompu, Wahyono Ragil sekaligus penanggung jawab tarian kolosal, mengatakan, tarian kolosal Doro Mantika ini dipertunjukan oleh 336 penari latar, 50 orang penari inti dan 10 orang pemusik.

“Tarian Doro mantika ini mengisahkan peradaban pra dan pasca meletusnya Gunung Tambora 1815. Termasuk gambaran soal tumbuhan, hewan yang masih ada sampai sekarang dan beberapa kerajaan yang tenggelam saat itu,” katanya saat Puncak Festival Pesona Tambora 2019 di Doro Ncangga Dompu Nusa Tenggara Barat, Kamis (11/4/2019).
Tarian Doro Mantika Gambarkan Peradaban Tambora di acara Festival Pesona Tambora 2019

Selain mengenang peradaban Tambora 1815, pesan tersirat lainnya ialah Dompu harus bangkit melalui program yang tengah dikembangkan pemerintah daerah. Sehingga visi misi Bupati agar masyarakat mampu membayar bisa diwujudkan.

Selain para penari merupakan perwakilan tiap-tiap instansi. Sebagian dari mereka ialah utusan tujuh sanggar yang ada di wilayah ini. “Dan itu kita seleksi ketat dulu para peserta ini sebelum tampil,” ujarnya. (Junaidi/Dompu)


Share:

2 komentar:

MarketingS said...

bermain dengan aman bersama kami di download apk sabung ayam s128

Amouy said...

para Member setia ARENADOMINO,
untuk kalian para pecinta permainan casino online
yang mungkin sedang mencari agen terpercaya dengan bonus rollingan yang besar
kami menyarankan kepada kalian semua para member setia kami
bahwa kami akan memberikan BONUS ROLLINGAN 0.5% untuk kalian semua
dan langsung otomatis masuk ke dalam id kalian,
jadi untuk kalian yang mau mencoba bonus ini dan ingin bermain di salah satu agen yang terpercaya
kalian bisa bermain bersama kami . ARENA-DOMINO.COM
* CLAIM NOW AND JOIN US *

Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
BBM : D8EBAA7C atau ARENA-DOMINO.COM
WA : [+855]964967353

Ayo tunggu apalagi !!

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive