Be Your Inspiration

Monday 22 April 2019

Nikmati Sensasi Semburan Air di Wisata Air Pancor Datoq Desa Aik Dewa Lombok Timur


Objek wisata Pancor Datoq Desa Aik Dewa Kecamatan Pringgasela yang menawarkan sensasi semburan air dari bebatuan.
Wisata air Pancor Datoq Desa Aik Dewa Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menawarkan keunikan tersendiri. Semburan air nan sejuk yang langsung dari celah-celah bebatuan dapat dinikmati langsung para pengunjung.

Ramadani, penjaga kawasan wisata Pancor Datoq ini menuturkan objek wisata yang berada di tepi jurang ini memberikan sensasi bagi setiap pengunjung yang datang. Semburan airnya yang keras dan segar membuat pengunjung betah dan ingin mencoba kembali.

Objek wisata Pancor Datoq ini kini dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Aik Dewa. Kawasan Pancor Datoq berada di tepian tebing yang cukup curam. Pengelola sudah membuatkan kolam pemandian persis di tepian tebing. Hal ini menjadi salah satu keunikan lain yang disuguhkan objek wisata air Desa Aik Dewa.

Air yang mengisi kolam ini langsung dari mata air yang keluar dari tebing tersebut. Bukanlah buatan seperti beberapa tempat lain yang menawarkan objek wisata serupa. Airnya pun cukup dingin dan sejuk. “Mata airnya ini sangat deras,” ucap Ramadani menambahkan. Hanya saja masuk ke kawasan pemandian ini masih jalan setapak yang belum ada perbaikan. Rencananya pemerintah akan memperbaiki jalan menuju kawasan agar bisa lebih mudah dijangkau para pengunjung.


Setiap hari, sebut Ramadani, wisata pemandian Pancor Datoq ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Tiket masuk Rp2 ribu per orang. Cukup murah untuk sekadar menikmati sensasi menantang mandi di atas kolam tebing dengan semburan air deras dari celah bebatuan.

Saat gempa mengguncang Lombok beberapa waktu lalu, sempat dikhawatirkan tebing akan runtuh. Sangat disyukuri, tebing yang mengeluarkan air ini tidak sampai runtuh dan kini tetap kokoh memancarkan air yang juga konon dipercaya menjadi obat bagi beragam penyakit.

Tidak sedikit pengunjung yang datang ini mandi untuk berobat. Semburan air yang seperti terjun bebas dari celah-celah tebing inilah yang dipercaya mengandung obat. “Ada yang sakit pada kaki, kepala dan bagian tubuh lainnya banyak yang datang,” tuturnya.


Nama Pancor Datoq sendiri diambil dari kisah bersejarah kawasan tersebut sebagai tempat bertapa salah seorang Datoq yang merupakan sesepuh di Desa Aik Dewa. Sang Datoq lama bertama di kawasan tersebut dan kisahnya sudah turun temurun di tengah Masyarakat Aik Dewa. “Kisah sang Datoq ini sudah lama kita dengar dari dulu secara turun temurun,” demikian  kisahnya. (Rusliadi/Lombok Timur)

Share:

1 komentar:

Amouy said...

para Member setia ARENADOMINO,
untuk kalian para pecinta permainan casino online
yang mungkin sedang mencari agen terpercaya dengan bonus rollingan yang besar
kami menyarankan kepada kalian semua para member setia kami
bahwa kami akan memberikan BONUS ROLLINGAN 0.5% untuk kalian semua
dan langsung otomatis masuk ke dalam id kalian,
jadi untuk kalian yang mau mencoba bonus ini dan ingin bermain di salah satu agen yang terpercaya
kalian bisa bermain bersama kami . ARENA-DOMINO.COM
* CLAIM NOW AND JOIN US *

Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
BBM : D8EBAA7C atau ARENA-DOMINO.COM
WA : [+855]964967353

Ayo tunggu apalagi !!

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive