Be Your Inspiration

Wednesday 16 January 2019

TNGR Targetkan Pendakian ke Rinjani Normal Tahun 2021


KEPALA Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Sudiyono 
KEPALA Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Sudiyono mengatakan, pendakian Rinjani akan normal pada 2021 mendatang. Tahun ini, TNGR akan melakukan kajian untuk perbaikan jalur-jaur pendakian yang rusak akibat gempa, termasuk menghitung kebutuhan anggarannya.

Selanjutnya, kebutuhan anggaran perbaikan jalur-jalur pendakian Rinjani akan diusulkan dalam APBN 2020. Jika jalur pendakian Rinjani diperbaiki tahun depan, maka pada 2021, pendakian ke Rinjani sudah mulai normal.

Dikonfirmasi usai bertemu Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Selasa (15/1/2019), Sudiyono mengatakan akibat penutupan jalur pendakian Rinjani di Senaru dan Sembalun, sebanyak 1.702 porter/guide dan trekking organiszer yang menganggur. Terdiri dari 90 trekking organizer dan 1.612 porter dan guide.

‘’Dampaknya bukan hanya itu. Ketika ada wisatawan kan mereka butuh transportasi, makan, penginapan. Saya kira efeknya sangat banyak. Kemudian juga hasil-hasil pertanian, kuliner juga berpengaruh. Ribuan kena dampak akibat penutupan pendakian Rinjani,’’ ujarnya.

Sampai saat ini, kata Sudiyono, usaha-usaha yang berkembang di sekitar kawasan Gunung Rinjani belum normal. Karena pendakian lewat jalur Senaru Lombok Utara dan Sembalun Lombok Timur masih ditutup.

Kedua jalur pendakian tersebut masih ditutup karena kondisinya  masih rusak dan tanahnya labil. Ketika diinjak satu orang saja, maka akan terjadi longsor.

Dengan musim hujan diharapkan tanah yang labil bisa hilang. Tidak menutup kemungkinan, kata Sudiyono, jika jalur yang ada sekarang tak bisa diperbaiki maka akan dilakukan pembukaan jalur baru. (Muhammad Nasir/Suara NTB)
Share:

1 komentar:

Rai Vinsmoke said...

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive