Be Your Inspiration

Friday 10 October 2014

Pemkot Tak akan Lepas AKN Mataram

Koordinator AKademi Komunitas Negeri Mataram
Drs. H. Musta'in, SS, MM

Keberadaan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Mataram sudah mendekati tiga tahun. Namun, lokasi pembelajaran AKN masih menumpang di Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMKPP) Negeri Mataram di Labuapi Lombok Barat (Lobar). Bahkan, saat menjalani Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek), Jumat (10/10/2014), mahasiswa baru AKN Mataram masih menumpang di Aula SMKN 4 Mataram.

Sementara di satu sisi, jika tiga tahun belum ada lahan bagi pembangunan AKN, maka pemerintah pusat, khususnya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan mencabut anggaran bagi AKN Mataram. Namun, pengelola AKN Mataram bisa
bernapas lega setelah Walikota Mataram H. Ahyar Abduh setuju menghibahkan lahan bagi AKN Mataram di Sanggar Kegiatan Bersama (SKB) Mataram yang ada di Petemon.

Koordinator AKN Mataram Drs. H. Musta’in, SS, MM, kepada Suara NTB usai pembukaan Ospek mahasiswa baru AKN Mataram di SMKN 4 Mataram, menjelaskan, jika Walikota Mataram sudah membuat pernyataan mengenai penyerahan aset bagi AKN dan sudah diserahkan ke Direktorat Jenderal Dikti Kemdikbud beberapa waktu lalu. Apalagi pihaknya diberikan batas waktu hingga akhir tahun 2014 oleh pemerintah pusat mengenai masalah lahan pembangunan, karena berkaitan dengan anggaran.

Menurutnya, dalam pembangunan AKN pemerintah pusat hanya meminta lokasi pembangunan, sementara nanti biaya pembangunan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah pusat. Baginya, jika sudah ada kepastian lahan yang akan ditempati AKN, maka pihaknya tinggal berkonsentrasi mengembangkan kegiatan perkuliahan di AKN, sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia berkualitas, khususnya di bidang perhotelan atau pariwisata.

Selain itu, lanjut mantan Kepala SMKPP Negeri Mataram ini, keberadaan AKN Mataram mendapat dukungan penuh dari Ketua Komisi IV DPRD Kota Mataram Lalu Muhir, S.Kep. Dari hasil pembicaraan usai pembukaan Ospek, ujarnya, Komisi IV mendukung sepenuhnya keberadaan AKN Mataram, karena mampu melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas, khususnya di bidang pariwisata.

Sementara, pihak Pemkot Mataram yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram, Drs. H. Ruslan Effendy, MMPd, menegaskan, jika Pemkot Mataram tidak akan melepas AKN Mataram. Menurutnya, sebagai bentuk dukungan terhadap keberadaan AKN Mataram, lahan Pemkot Mataram yang sekarang berdiri bangunan SKB Mataram siap dipergunakan sebagai tempat pembangunan AKN Mataram.
 
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga KOta Mataram Drs. H. Ruslan Effendy, MMPd
‘’Kita rencanakan di SKB Mataram yang lahannya masih gabung dengan RPH. Kita usulkan pada Pak Wali lokasi itu akan digabung dengan RPH, sehingga cukup minimal 2 hektar. Ini semua merupakan bentuk dukungan bagi kita terhadap keberadaan RPH,’’ ujarnya meyakinkan.

Ruslan menegaskan, jika masalah lahan AKN Mataram sudah dibicarakan berkali-kali. Termasuk nanti mempersilahkan pihak Direktorat Jenderal Dikti melakukan verifikasi terhadap lahan yang diusulkan Pemkot Mataram bersama AKN.  Pihaknya tidak menginginkan keberadaan AKN Mataram hilang begitu saja, sehingga tetap diupayakan eksis. Salah satunya dengan menyediakan lahan di SKB Mataram yang berlokasi di Petemon. (*)
Share:

1 komentar:

Unknown said...

AKN mataram masih menerima pendaftaran untuk mahasiswa baru jurusan perhotelan ??

Sangat ingin masuh di AKN :)

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive