Be Your Inspiration

Friday 10 October 2014

Lima Negara akan Ramaikan Festival Mentaram


Festival Mentaram yang akan digelar oleh Pemerintah Kota Mataram, 9 Desember hingga 11 Desember 2014, dipastikan lima negara akan meramaikan kegiatan tersebut. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Mataram, H. A. Latief Najib, Jumat (10/10/2014).


Diakui, lima negara yang sudah dijalin komunikasi masing-masing Malaysia, Srilanka, Brunei Darussalam dan Fermenston, salah satu negara bagian di Australia yang bersedia meramaikan festival tersebut. Akan tetapi, sebagai tuan rumah pihaknya harus menyiapkan segala kebutuhan. “Kita tetap komunikasi dengan negara ASEAN,” ujarnya.

Selain kelima negara tersebut, 33 provinsi juga akan meramaikan acara itu. Namun, pihaknya akan membagi sesuai dengan blok wilayah masing – masing. Disamping, peserta juga berasal dari 10 kabupaten/kota di NTB. “Tiga dari blok barat, tengah dan timur,” sebutnya.

Sasaran kegiatan ini tambah Latief, selain menjadi agenda tahunan Kota Mataram, juga menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Artinya, masyarakat NTB sudah siap menyambut persaingan ekonomi ASEAN tersebut. “Kemarin, ada Festival Senggigi, Festival Moyo. Jadi, kalau Festival Mentaram masyarakat ingat itu punya kita (Mataram,red),” ujarnya.

Khusus Kota Mataram sendiri, akan menampilkan kesenian dan kebudayaan dari masing – masing kecamatan. Menurut Latief, enam kecamatan tersebut memiliki keunikan tradisi budaya masing – masing yang menjadi ciri atau ikon kota Mataram.

Selain menjadi agenda tahunan, dia berharap festival Mentaram dapat menjadi daya tarik tidak hanya bagi wisatawan lokal, melainkan wisatawan mancanegara. Terkait dengan anggaran kata Latief, pihaknya sudah menganggarkan di APBD Perubahan sekitar Rp 750 juta. Dengan anggaran tersebut, dinilai belum bisa cukup mengingat kapasitas peserta yang banyak. Sehingga, dia meminta kerja sama dari SKPD serta stakeholder lainnya. “Misalnya, ada pengusaha yang mau siapkan makanan dan lain sebagainya,” harapnya. (Suara NTB)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive