Beberapa waktu lalu, Pemprov NTB telah meluncurkan kalender event pada tahun 2018. Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB
juga mengajak para pelaku pariwisata untuk turut menjual paket-paket wisata
sesuai dengan kalender tersebut.
"Kalender
event sudah diluncurkan. Ini menjadi
kesempatan bagi pelaku usaha pariwisata untuk membuat paket dan mempromosikan
bernagai event itu sesuai jadwal yang
sudah ditentukan," kata Ketua Badan Promosi Pariwisata NTB H. Afan
Ahmad.
Ia
mengatakan bahwa promosi tentang berbagai kegiatan pada kalender event itu juga perlu dilakukan oleh para
pelaku pariwisata. Itu akan memudahkan akses wisatawan untuk mengetahui
berbagai kegiatan menarik yang akan dilakukan di NTB pada 2018 mendatang.
"Jadi
wisatawan bisa lebih tahu tentang kegiatan apa saja dan bulan apa saja kegiatan
itu dilakukan. Kegiatannya seperti apa, mereka bisa tahu semua,"
ujarnya.
Diketahui
bahwa ada 15 acara pariwisata besar yang akan dilaksanakan Pemerintah Provinsi
NTB, atau Dispar NTB selama tahun 2018. Diantaranya yaitu Rinjani 100, sebuah
lomba lari jarak jauh melintasi Gunung Rinjani tingkat internasional. Selain
itu, ada pula Pesona Khazanah Ramadhan yang akan dilaksanakan 16 Mei – 13 Juni
2018, Mantar Paragliding XC Open dilaksanakan pada 15-18 Juli 2018, Bulan
Pesona Lombok Sumbawa (BPLS) digelar 18 Agustus – 16 September 2018, Festival
Pesona Moyo 10 September – 8 Oktober 2018, Festival Pesona Senggigi 20
September 2018, Sail Samota (Saleh Moyo Tambora) 12 – 20 September 2018,
Rinjani Golf Tournament pada November 2018, Pesona Desa Wisata bulan November
2018, Festival Lawata bulan November 2018, Festival Pesona Bau Nyale, dan
lainnya.
Semua
kegiatan itu dapat dikombinasikan dengan paket wisata yang akan dibuat oleh
para pelaku pariwisata. Ini juga akan memudahkan wisatawan dalam memilih
kegiatan yang ingin diikuti atau kegiatan yang ingin disaksikan.
"Mari
kita semua promosikan potensi yang kita punya. Daerah juga harus turut
melakukan promosi dengan media apa saja yang dimiliki. Kalau kita semua bekerja
bersama dalam mempromosikan NTB, maka target kunjungan 2018 bisa saja
tercapai," harapnya.
Target
kunjungan pada 2018 sebanyak 4 juta wisatawan. Hal ini lebih banyak dari target
kunjungan pada tahun 2017 mencapai 3,5 juta wisatawan. Salah satu upaya untuk
mencapai target itu melalui berbagai kegiatan yang telah diluncurkan oleh
Pemda.
"Target
itu kan melalui kajian-kajian yang
sudah dilakukan. Semoga dengan berbagai kegiatan ini lebih banyak wisatawan
yang datang berkunjung ke NTB," ujarnya. (Linggauni/Suara NTB)
0 komentar:
Post a Comment