Be Your Inspiration

Friday 28 December 2018

Sales Mission BPPD NTB ke Makassar, Membangkitkan Kembali Pariwisata NTB Pascagempa

Foto bersama peserta Sales Mission BPPD NTB di Makassar Sulawesi Selatan, Senin (24/12/2018)
Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB sukses menggelar Sales Mission Lombok NTB Tourism Board di Aston Inn Hotel Makassar Sulawesi Selatan, Senin (24/12/2018). Kegiatan yang dihadiri 20 sellers dari NTB dan 50 buyers dari Sulawesi Selatan ini mendapat perhatian dari pelaku pariwisata yang ada di Makassar. 



Selain itu hadir juga Ketua BPPD NTB Dr. Farid Said, Wakil Ketua BPPD NTB Sahnan M. Rawiya, anggota BPPD lainnya, Lalu Abdul Hadi Faishal dan M. Nur Haedin serta pelaku pariwisata asal NTB. Dari Sulawesi Selatan hadir Kepala Bidang Pemasaran dan Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Teken, Ketua ASITA Didi Manaba, Wakil Ketua IGHMA, Ketua PHRI dan Ketua GIPI serta pelaku pariwisata lainnya.

Meski dalam suasana cuti bersama Natal dan ada agenda Sales Mission dari pelaku pariwisata di Makassar tidak menyurutkan langkah mereka menghadiri kegiatan dari NTB ini. Pelaku pariwisata di Makassar dan jajaran pemerintah daerah di Sulawesi Selatan siap mendukung upaya Pemprov NTB dan pelaku pariwisata membangkitkan kembali dunia pariwisata yang sempat terpuruk akibat gempa. 

Ketua BPPD NTB Dr. Farid Said saat memberikan sambutan pada Sales Mission menegaskan, jika pasar Makassar, khususnya dan Provinsi Sulawesi Selatan umumnya merupakan pasar potensial, sehingga perlu terus dipertahankan. Selain itu, ujarnya, perkembangan pariwisata Sulawesi Selatan cukup bagus, sehingga NTB perlu menjalin kerjasama dalam membangun pariwisata secara bersama-sama. 
 


Kepala Bidang Pemasaran dan Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan Teken didampingi Ketua BPPD NTB Farid Said, Wakil Ketua BPPD NTB Sahnan M. Rawiya, anggota BPPD NTB L. Abdul Hadi Faishal dan M. Nur Haedin memukul gong sebagai tanda pembukaan Sales Mission BPPD NTB di Aston Inn Hotel Makassar, Senin (24/12/2018). 

Diakuinya, NTB memiliki potensi besar di bidang pariwisata. Banyak objek pariwisata yang menjadi favorit wisatawan, seperti tiga Gili (Trawangan, Meno dan Air), Senggigi, Sekotong dan beberapa objek wisata menarik di Pulau Lombok. Belum lagi, sejumlah objek wisata di Pulau Sumbawa yang tidak kalah menarik dengan yang ada di Pulau Lombok. 


Meski demikian, ujarnya, gempa yang terjadi beberapa waktu lalu berdampak pada kunjungan wisatawan ke NTB. Beberapa fasilitas pariwisata rusak dan sekarang ini sedang dilakukan recovery. Namun, saat gempa terjadi beberapa objek wisata di Pulau Lombok, khususnya di Lombok bagian selatan tidak terdampak. Beda dengan kawasan Lombok bagian utara dan barat yang terkena dampak besar dari gempa yang terjadi.

Di sisi lain, ujarnya, pemerintah pusat melalui Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sedang mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika di Lombok Tengah. Menurutnya, sekarang ini sedang dibangun beberapa hotel bertaraf internasional. Salah satunya, hotel yang dimiliki keluarga dari Kerajaan Arab Saudi dan diharapkan bisa segera beroperasi. "Selain itu, di KEK Mandalika akan dibangun Sirkuit MotoGP dan dalam proses," ujar dosen di Politeknik Negeri Lombok ini.
 
Transaksi sellers dan buyers di acara Sales Mission BPPD NTB di Makassar Sulawesi Selatan, Senin (24/12/2018)


Untuk itu, pihaknya mengharapkan melalui Sales Mission ini, pelaku pariwisata di kedua daerah mampu menjalin hubungan yang lebih baik dalam membangun pariwisata ke dua daerah. 

Sementara Kepala Bidang Pemasaran dan Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan Teten, menegaskan komitmen pihaknya yang siap menjalin kerjasama dalam mengembangkan pariwisata dengan pelaku pariwisata NTB. Sulawesi Selatan, ujarnya, memiliki banyak objek wisata yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung, seperti Pantai Losari, Fort Rotterdam, Tana Toraja dan beberapa tempat menarik lainnya. 

Begitu juga, ujarnya, Makassar sebagai ibukota dengan aktivitas tinggi dan dilanda macet tiap hari memaksa warganya untuk mencari tempat liburan, baik di dalam daerah dan luar daerah. Untuk itu,  berwisata ke luar daerah, khususnya ke NTB bisa menjadi alternatif bagi warga Makassar untuk berlibur. (Marham)

Share:

1 komentar:

Rai Vinsmoke said...

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive