Be Your Inspiration

Sunday 25 February 2018

Wisatawan Australia Suitable dengan Pariwisata NTB

Wisatawan mancanegara saat berkunjung ke objek wisata pantai di NTB. Wisatawan asal Australia cocok dengan objek pariwisata NTB, khususnya pantai.

Tahun 2018 pemerintah menargetkan untuk mendatangkan setidaknya 17 juta wisatawan mancanegara (wisman). Sementara itu, Lombok menjadi salah satu destinasi wisata yang diharapkan bisa mendatangkan banyak wisman. Sejauh ini banyak wisman asal Malaysia yang berkunjung. Namun ternyata karakter destinasi wisata Lombok juga sangat cocok bagi wisatawan dari Australia.

Mereka (Wisman Australia) itu sukanya pantai dan mereka sukanya surfing (berselancar). Jadi Lombok ini merupakan destinasi wisata yang sangat pas sebenarnya. Sekarang bagaimana kita bisa datangkan lebih banyak wisman ke Lombok,” kata Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar RI Prof Dr Ir I Gede Pitana, M.Sc, di Mataram, Kamis (22/2/2018).

Selama tahun 2017 ada beberapa negara yang warganya banyak berkunjung ke Indonesia. Diantaranya Cina dengan kurang lebih dua juta kunjungan. Kemudian Singapura 1,5 juta kunjungan, Australia dengan 1,3 juta kunjungan, Malaysia 1,4 juta kunjungan, Jepang dan India masing-masing 500 ribu kunjungan, Korea dengan 450 ribu kunjungan dan Amerika Serikat sebanyak 325 ribu kunjungan.

“Yang paling banyak memang Cina.  Tapi dari keseluruhan ini memang mereka suka ke pantai. Cina suka ke pantai, Jepang juga suka bahkan mereka juga suka menyelam. Kemudian Autralia juga suka pantai dan suka berselancar. Ini sangat cocok dengan Lombok,” ujarnya.

Ia berharap dengan berbagai promosi yang dilakukan saat ini dan sebelumnya bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia dan Lombok khususnya. Ia juga berharap wisatawan akan merasa senang dan betah serta ingin berkunjung kembali ke Indonesia.

“Itulah kenapa kita perlu terus lakukan promosi pariwisata. Tujuan kita ini untuk mendatangkan sebanyak-banyak wisatawan mancanegara. Kalau saya ditanya optimis atau tidak dengan angka 17 juta, tentu saja saya sangat optimis,” ujarnya.

Ia menaruh harapan besar terhadap pariwisata NTB, khususnya Lombok. Sehingga bisa menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung. Sebab semakin banyak yang berkunjung akan memberikan nilai tambah pula bagi masyarakat yang tinggal di lingkar destinasi wisata. (Linggauni)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive