Be Your Inspiration

Wednesday 28 February 2018

Lombok dengan Aneka Kuliner yang Sesuai Lidah Wisatawan

Kuliner Gurami Ikan Terasi khas Hotel Santika Lombok
Sebagai daerah yang menjadi tujuan wisata, harus ada pusat kuliner untuk dikunjungi wisatawan. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB telah melakukan pemetaan terkait tempat-tempat yang bisa menjadi pusat kuliner.

“Tentu saja kita akan melakukan ini secara menyeluruh, tapi sekarang kita sudah bisa melakukan pemetaan bagi tempat-tempat kuliner di Lombok. Misalnya kalau mau seafood bisa langsung ke area Senggigi hingga Lombok Utara,” kata Ketua PHRI NTB H. Lalu Abdul Hadi Faishal, di Mataram, Senin (26/2/2018).

Ia mengatakan ini merupakan hal yang sangat penting. Sebab wisatawan, selain berkunjung ke destinasi wisata, juga ingin menikmati aneka kuliner yang ada di Lombok. Sehingga pihaknya sudah memberikan rekomendasi kepada para pelaku usaha pariwisata lainnya untuk mengajak tamunya ke beberapa pusat kuliner.

“Kalau mau lesehan bisa ke Rembiga hingga Sayang-Sayang, kalau mau Ayam Taliwang bisa ke Cakra dan banyak lainnya. Sekarang pemetaan ini sudah terlihat, jadi wisatawan bisa dengan lebih mudah memilih destinasi wisata yang diinginkan,” ujarnya.

Menurutnya, pemetaan pusat kuliner ini juga harus menjadi perhatian Pemda setempat. Sebab ini sangat penting untuk mendukung kepariwisataan NTB di masa mendatang. Ini juga akan mempermudah wisatawan untuk mencari tempat makan yang diinginkan.

“Ini penting juga menjadi perhatian Pemda setempat. Sehingga wisatawan itu bisa memiliki gambaran daerah mana yang akan dikunjungi untuk melakukan wisata kuliner,” ujarnya.

Setiap daerah juga harus melakukan pemetaan tempat-tempat wisata kuliner yang potensial. Selain untuk memudahkan wisatawan juga untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk bisa mengambil manfaat.

“Misalnya mau makan seafood kan bisa ke Nipah. Sekarang orang kalau dengar seafood pasti ingat Nipah. Nah bagaimana hal ini juga bisa dilakukan di tempat lain. Ini kan bisa diadopsi konsepnya dan masyarakat juga bisa mengambil manfaat dari sana,” ujarnya.

Ke depannya, ia berharap akan semakin banyak pusat kuliner di NTB. Sehingga wisatawan bisa memiliki lebih banyak pilihan untuk dikunjungi. Selain itu, warga sekitar juga bisa berpartisipasi dan bisa mengambil keuntungan dari hal itu. (Linggauni/Suara NTB)


Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive