Be Your Inspiration

Friday 23 February 2018

Gencarnya Kabupaten Sumbawa Promosi Pariwisata dan Budaya

Parade kebudayaan yang kerapkali dijadikan sebagai ajang promosi pariwisata dan budaya di Sumbawa.


Pemerintah Kabupaten Sumbawa semakin gencar melakukan promosi pariwisata daerahnya. Apalagi saat ini sudah ada beberapa destinasi wisata yang diunggulkan. Bukan itu saja, beberapa kesenian dan budaya juga turut menjadi media promosi pariwisata.

Ada puluhan aktivitas event yang akan dilakukan di Sumbawa. Termasuk kegiatan kebudayaan dan berbagai kegiatan yang diselenggarakan di destinasi wisata. Ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbawa.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sumbawa Junaidi mengatakan bahwa pihaknya sudah memetakan berbagai destinasi wisata yang dianggap sudah siap menerima wisatawan. Salah satu diantaranya  adalah Pulau Moyo. Salah satu kegiatan promosi yang dipadukan dengan kegiatan kebudayaan di Sumbawa adalah Festival Moyo. Selain ini, ada beberapa kegiatan kebudayaan lainnya yang dapat disaksikan oleh wisatawan.

“Kita ada beberapa kegiatan yang sudah kita rancang dalam kalender event Dinas Pariwisata Sumbawa. Dengan harapan ini bisa mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan untuk berkunjung ke Sumbawa,” ujarnya.

Berbagai kegiatan itu diantaranya pesta rakyat pada Januari, Ponan dan Labangka Fiesta pada Februari, SAKA buffalo race championship 1 dan kemah wisata pada Maret. Pada bulan April ada ekspedisi pulau kecil, Mei ada SAKA buffalo race championship 2 dan semalam di dalam Loka, Juni ada festival Teba Murin, Juli ada SAKA buffalo race championship 3 dan Festival Pesona Moyo dan Agustus ada Festival Kampung Syahdu, Samba dan MU.

Sedangkan pada September ada Sail Moyo Tambora, SAKA buffalo race championship 4, Festival Melala dan Festival Teluk Saleh. Pada Oktober ada Rantok 1001 Denang, Festival Raja Kape dan Festival Gerbang Barat. Sedangkan pada November ada Festival Pesona Agal dan Festival Pesona Paraso.

Pelaku pariwisata dan wisatawan bisa menjadikan kalender event itu sebagai acuan saat ingin berkunjung ke Sumbawa. Tentu saja wisatawan tidak hanya dapat menikmati berbagai event itu saja. Banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi sebelum atau setelah menikmati berbagai event tersebut.

“Semoga dengan penetapan kalender event ini, semakin banyak wisatawan yang datang,” ujarnya.
Ia mengatakan bahwa semua kegiatan itu merupakan kegiatan yang penting sebagai promosi pariwisata Sumbawa. Ini juga ajang untuk meningkatkan kearifan lokal warga setempat. Sebab pariwisata Sumbawa dirancang sebagai pariwisata berbasis masyarakat. Dengan harapan masyarakat Sumbawa dapat terlibat langsung dan menjadi bagian dari dunia pariwisata saat ini. (Linggauni/Suara NTB)



Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive