Be Your Inspiration

Friday 15 January 2016

Momen HPN di NTB, Ajang FasilitasI Investor Bermasalah dengan Pemerintah

Logo HPN NTB 2016
Momen Hari Pers Nasional (HPN) yang akan berlangsung awal Februari 2016 di NTB tidak ingin disia-siakan jajaran SKPD lingkup Pemprov NTB. SKPD lingkup Pemprov NTB menginginkan agar pada pelaksanaan HPN nanti NTB mampu mendapatkan manfaat besar. Apalagi, sebagai rangkaian HPN akan digelar sejumlah seminar, termasuk tentang investasi.


Momen HPN 2016 menurut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BKPMPT) NTB Ir. Ridwan Syah, MM, MTP, akan dijadikan sebagai salah satu ajang menyelesaikan sejumlah persoalan yang selama ini menjadi penghambat investasi. Menurutnya, banyak investor yang siap berinvestasi di NTB, namun terhalang regulasi atau perizinan dari pusat membuat rencana investasi  belum bisa dilakukan.

Ridwan Syah mencontohkan, investor Marina Del Ray yang ingin mengembangkan kawasan Gili Gede sebagai lokasi maritim dunia atau tempat singgah yacht-yacht internasional masih belum bisa dilakukan. Pasalnya, izin dari pemerintah pusat masih belum keluar.

‘’Kita berharap pada momen HPN ini kesempatan kita untuk menyampaikan aspirasi kita, terutama yang menjadi penghambat. Kita berharap momen ini bisa menjadi debottlenecking (fasilitasi investor bermasalah soal perizinan),’’ ungkapnya saat rapat persiapan Seksi Seminar dan Forum Investasi Panitia HPN Daerah NTB di Kantor BKPMPT, Kamis (14/1/2015).

Selain persoalan perizinan yang dihadapi Marina Del Ray, ujarnya, pemerintah daerah juga bisa mengungkapkan mengenai permasalahan yang ada di kabupaten/kota, baik yang menyangkut masalah infrastruktur jalan, listrik hingga masalah penggunaan tata ruang. Apalagi dalam beberapa sesi seminar yang digelar serangkaian HPN di NTB ini banyak menghadirkan menteri, seperti Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said dan jajaran direksi sejumlah BUMN.

Diakuinya, banyak potensi investasi yang perlu dikembangkan dan mendapatkan perhatian serius, yakni Global Hub, pengembangan kawasan Mandalika oleh ITDC dan potensi lainnya. Untuk itu, pihaknya berusaha mempersiapkan materi penyampaian gubernur di seminar, khususnya berkaitan dengan pariwisata dan kemaritiman, seperti yang disampaikan Gubernur  NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi saat diundang ke Cina dan Italia beberapa waktu lalu.

Harapan senada disampaikan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi NTB Ir. Muhammad Husni, MM. Menurutnya, banyak hal yang harus disuarakan pada momen HPN nanti, seperti kondisi kelistrikan di NTB yang masih dihadapkan pada tata ruang. Di mana, ketika pemerintah daerah menginginkan listrik teratasi masih dihadapkan dengan aturan yang dianggap melanggar tata ruang.
Untuk itu, pihaknya mengharapkan pada momen HPN nanti, sejumlah pihak yang berkompeten, seperti Menteri Agraria dan Tata Ruang, Direktur Utama PLN dihadirkan, sehingga apa yang menjadi permasalahan di NTB bisa segera teratasi.  (*)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive