Be Your Inspiration

Wednesday 30 November 2016

Qatar Airways Tertarik Buka Penerbangan Langsung ke Lombok

Qatar Airways

Duta Besar (Dubes) Qatar untuk Indonesia H.E. Ahmed Jassim Al-Hamar menyatakan keinginannya untuk membuka penerbangan langsung dari Qatar ke Lombok. Ahmed Jassim Al-Hamar menyatakan keinginannya untuk membuka penerbangan langsung dari Qatar ke Lombok saat acara jamuan makan malam yang berlangsung di Pendopo Gubernur NTB, Selasa (29/11/2016) malam. Hadir juga 10 dubes negara-negara Timur Tengah (Timteng).
Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi pose bersama Dubes asal Timur Tengah di Pendopo Gubernur NTB, Selasa (29/11/2016) malam

Menurutnya. Qatar memiliki maskapai penerbangan terbesar di dunia yakni Qatar Airways. Qatar Airways juga merupakan maskapai penerbangan terbaik di dunia.
Pada kesempatan ini Ahmed Jassim memuji Lombok sebagai pulau yang sangat indah. Apalagi dengan pengembangan pariwisata halal, wisatawan asal Timur Tengah juga tertarik datang ke Lombok.
“Kami ingin membuka penerbangan langsung ke Lombok. Kami harap Pak Gubernur bisa memberikan kemudahan prosedur pembukaan penerbangan langsung,” harap Ahmed Jassim.
Ia mengatakan, dengan kedatangan 10 Dubes negara-negara Timteng ini  pihaknya memiliki pijakan kaki untuk berinvestasi di Lombok. Setelah melihat potensi pariwisata yang ada di Lombok, akan disampaikan dalam forum bisnis  para pengusaha yang ada di Qatar.
Keindahan Pulau Lombok juga disampaikan Dubes Oman untuk Indonesia, H.E. Sayyid Nazar bin Al-Juland. Dikatakan, pihaknya telah mendengar keindahan Pulau Lombok sebelum datang ke NTB. Pasalnya, NTB telah dinobatkan sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia pada tahun 2015 lalu.
Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi (kiri) menjamu dubes asal Timur Tengah di Pendopo Gubernur NTB, Selasa (29/11/2016) malam.
Ia menyebutkan, jumlah wisatawan Oman yang datang ke Indonesia sekitar 8.000 orang per tahun. Di mana, Pulau Lombok sudah dikenal oleh mereka. Ia juga mengatakan, hubungan diplomatis antara Oman dan Indonesia berlangsung harmonis selama ini.
Sementara itu, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi yang dikonfirmasi, Rabu (30/11/2016) mengatakan kedatangan 10 Dubes asal negara-negara Timteng dan perwakilan Islamic Development Bank (IDB) ini menjadi jembatan bagi para investor di negara masing-masing untuk berinvestasi di NTB. “Jadi kita tunggu follow up-nya. Saya optimis insya Allah akan di-follow up,” kata gubernur.
Termasuk Qatar yang berminat membuka penerbangan langsung ke Lombok, sebagaimana Emirate Airline  dan Etihad Airways. Menurut gubernur, mereka tinggal berkomunikasi dengan otoritas Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Menurut gubernur, maskapai penerbangan asal Timteng ini masih menjajaki peluang pembukaan penerbangan langsung ke Lombok.
“Ingin tahu data lebih detail tentang potensi berapa orang yang datang ke sini dari luar negeri. Kemudian pertumbuhan wisatawan kita tiap tahun berapa? Data pelaksanaan umroh dari tahun ke tahun seperti apa peningkatannya. Juga perdagangan NTB dengan luar negeri, ekspor dan impornya yang lewat udara seperti apa perkembangannya,” kata gubernur.
Ia berharap pembukaan penerbangan langsung  ini dapat segera terwujud. Pemprov, kata gubernur siap memfasilitasi hal-hal yang diperlukan supaya hal itu bisa segera terwujud. Gubernur menambahkan, NTB menghubungkan negara-negara Timteng dengan potensi investasi yang ada.
Seperti pengembangan kawasan halal hub di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Kemudian juga dipaparkan peluang investasi di Global Hub Bandar Kayangan Lombok Utara. Serta peluang investasi bidang pertanian dan peternakan di Pulau Sumbawa.
“Yang penting kita jaga adalah keamanan. Sehingga orang  yang akan menanamkan uangnya yakin. Uangnya tidak akan hilang, lenyap tapi menghasilkan keuntungan yang baik,” katanya.
Maskapai Qatar Airways
Gubernur menambahkan, diplomasi luar negeri Indonesia saat ini lebih ditekankan kepada diplomasi ekonomi. Sehingga Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) ditugaskan untuk menjaring investasi di seluruh provinsi untuk dipromosikan di luar negeri. Salah satu daerah yang dianggap potensial adalah NTB. “Yang semalam itu adalah kita provinsi pertama yang didatangi oleh para duta besar itu,” ucapnya.
10 Dubes asal negara Timteng yang berkunjung ke NTB itu adalah Dubes Saudi Arabia, H.E. Osama Mohammad Abdullah Al-Shuibi beserta istri, Dubes Oman, H.E. Sayyid Nazar bin Al-Julanda bin Majid Al Said, Dubes Tunisia, H.E. Mourad Belhassen, Dubes Maroko, H.E. Mohamed Majdi beserta istri. Kemudian Dubes Qatar, H.E. Ahmed Jassim Al-Hamar beserta istri, Dubes Bahrain, Mr. Yasser Al Haddad, Dubes Libya, H.E. Sadegh M.O. Bensadegh, Dubes Yaman, Mr. Mohamed Ali Saleh Al Najar beserta istri, Dubes Irak, H.E. Abdullah Hassan Salih dan Dubes Mesir, H.E.A. Amr Moawad. Selain itu juga ada Perwakilan IDB, Mr. M. Adhi Prakoso Dipo.(*)


Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive