Be Your Inspiration

Wednesday 17 May 2017

Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Terkesan dengan Islamic Center NTB


Gubernur NTB, TGH. M. Zainul Majdi, menjelaskan tentang IC kepada Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan JR bersama istri  mengunjungi Islamic Center NTB, Selasa (16/5/2017). 


Duta Besar Amerika Serikat (AS)  untuk Indonesia, Joseph R Donovan JR bersama istri  mengunjungi Islamic Center (IC) NTB, Selasa (12/5/2017) . Ia didampingi Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi bersama istri, Hj. Erica Zainul Majdi.

Usai diajak mengelilingi IC dan naik minaret 99, Joseph mengaku sangat terkesan dengan keindahan IC NTB. Ia mengatakan sangat bekeinginan untuk belajar lebih banyak mengenai peran agama di Indonesia dan peran Islam di Lombok, NTB.  ‘’Jadi, ini menurut saya indah sekali Islamic Center, kesan saya. Dan ini simbol yang sangat bagus sekali untuk perdamaian dan juga toleransi,’’ ucapnya.

Ia mengatakan, kunjungannya ke NTB merupakan yang pertama kali sejak ia menjadi Dubes AS sekitar enam bulan lalu. Akhir pekan kemarin, kata Joseph, ia berkunjung ke Lombok bagian selatan. Ia mengaku pantai-pantai di bagian selatan Pulau Lombok sangat indah.

Selain itu, pada Senin (11/5/2017), ia berkunjung ke kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat (Lobar). Kemudian pada Selasa (12/5/2017), ia berkunjung ke Gili Trawangan, Lombok Utara, sebelum mengunjungi IC. Meskipun pantai-pantai di Pulau Lombok ini semuanya indah, kata Joseph, namun tetap saja yang paling menonjol dari kunjungannnya tersebut ketika ia mengunjungi IC.

‘’Meskipun pantainya indah sekali, airnya bersih sekali. Namun tetap saja yang menonjol dari kunjungan hari ini ketika saya berkunjung ke Islamic Center bertemu Pak Gubernur. Saya sudah dengar banyak mengenai  Islamic Center dari Pak Gubernur sendiri,’’ ungkapnya.

Ia mengatakan, saat naik ke minaret 99 IC bersama gubernur, pemandangan Kota Mataram sangat indah. Di mana, setiap orang yang naik ke minaret 99, dapat melihat Kota Mataram dari ujung ke ujung. Bahkan, dapat melihat daerah pesisir Kota Mataram.

Gubernur NTB, TGH. M. Zainul Majdi, mendampingi Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan JR bersama istri  mengunjungi Islamic Center NTB, Selasa (16/5/2017). 

‘’Anda bisa melihat masjid-masjid dan gereja yang dibangun dekat kediaman Bapak Gubernur.  Warga NTB ini sangat ramah sekali dan berbaik hati sekali  menyambut kedatangan  saya dan istri,’’ ujarnya.

Terkait investasi AS di NTB, Dubes mengatakan banyak perusahaan-perusahaan asal negeri Paman Sam itu yang menanamkan investasi di Indonesia, terutama NTB. Ia menjelaskan, keberadaan dan peran Kedubes AS di Indonesia ada dua. Yakni memberikan masukan kepada perusahaan-perusahaan AS mengenai peluang investasi di Indonesia. Kemudian, bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam perdagangan.

Selama beberapa hari berkunjung ke NTB, lanjut Joseph, banyak sekali peluang investasi di daerah ini. Di mana, banyak perusahaan asal AS yang akan membangun hotel , seperti di kawasan wisata Senggigi dan sekitarnya. Selain itu, katanya, banyak juga wisatawan asal AS yang mau berkunjung ke NTB. Karena daerah ini dinilai sangat indah.

Kunjungan Dubes AS itu  berkaitan dengan peringatan Hari Kemerdekaan AS yang dilaksanakan di Lombok. Ketika ditanya alasan Kedubes AS memilih NTB sebagai lokasi memperingati hari kemerdekaan negara super power itu? Joseph mengatakan Lombok merupakan tempat terbaik melaksanakan kegiatan  tersebut.

“Menurut kita, Lombok ini tempat terbaik untuk merayakan Hari Kemerdekaan AS. Keputusan  Konjen AS di Surabaya yang menyelenggarakannya di sini menurut saya keputusan sangat baik sekali,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi yang dikonfirmasi mengenai alasan Kedubes AS memilih NTB sebagai tempat memperingati Hari Kemerdekaan AS, menyebut kemungkinan ada beberapa alasan. Pertama, NTB merupakan daerah yang aman dan kondusif.
Kedua, NTB dianggap friendly. Artinya, bersahabat dan baik. Yakni bisa mengembangkan suatu pola bermasyarakat dalam kemajemukan. Ketiga, dengan dipilihnya NTB sebagai tempat perayaan Hari Kemerdekaan AS, mengindikasikan bahwa dengan kerja keras semua pihak, NTB memiliki sahabat yang semakin banyak. Menurutnya, sahabat yang banyak itu diperlukan untuk membangun NTB ke depan.

Ia mengatakan, kunjungan Dubes AS untuk Indonesia ke IC tersebut merupakan salah satu rangkaian resepsi Hari Kemerdekaan AS. Pemerintah AS, kata gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) ini, biasanya mendatangi tempat-tempat keagamaan. Seperti Presdien AS, jika berkunjung ke Indonesia, biasanya mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta.

‘’Saya pikir Pak Dubes ke IC ini juga sebagai bagian untuk penghormatan kepada tradisi keagamaan kita di NTB. Juga menurut saya ini pengakuan bahwa Islam adalah elemen yang sama dalam merajut ke-Indoensia-an kita,’’ katanya.

Perayaan Hari Kemerdekaan AS di Lombok, lanjut gubernur, menjadi suatu sinyal yang sangat kuat bahwa NTB mampu membangun keberagaman dan kemajemukan yang konstruktif di daerah ini. (Muhammad Nasir/Suara NTB)



Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive