Be Your Inspiration

Monday 29 April 2019

Bayan dan Nipah, Objek Wisata Paralayang di Lombok Utara yang Menantang



Objek wisata paralayang di Bayan. Air sport ini menjadi prioritas pelaku pariwisata di Lombok Utara untuk dikembangkan ke depan.

 Topografi wilayah Kabupaten Lombok Utara (KLU) yang berbukit dan menjorok ke pantai menyimpan potensi olahraga paralayang sebagai objek wisata. Sayang, potensi yang tersedia di tiap kecamatan ini belum tersentuh inovasi program pemerintah.


Ketua Federasi Airsport Indonesia (FASI) Cabang Paralayang Lombok Utara, Ahmad Safwan,  Jumat (26/4/2019) mengaku berdasarkan potensi, olahraga paralayang sangat mendukung untuk dikembangkan sebagai objek wisata air sport. Pihaknya bahkan sudah menjajaki, di mana hampir di tiap kecamatan terdapat titik-titik paralayang potensial.

"Di Lombok Utara banyak kami temukan titik paralayang dengan kadar angin berbeda-beda. Kalau untuk jangka panjang, bisa di kawasan Nipah (Pemenang)," ujarnya.

Ahmad Safwan menjelaskan, kawasan Nipah direkomendasikan sebagai program Air Sport jangka panjang karena anginnya mendukung. Dari bulan Mei sampai Desember, paralayang bisa digelar. Dari aspek keamanan penyelenggaraan, ia meyakini kondusivitas daerah dan kultur budaya masyarakat Lombok Utara akan menarik animo wisatawan. FASI bersama komunitas paralayang sendiri, sudah mencoba penerjunan di lokasi-lokasi yang dijajaki. Sebagian besar lokasi dinilai aman untuk take-off dan landing. “Geografisnya cocok, dan KLU ini aman sekali. Kita harap pemerintah bisa men-support peralatan," harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KLU, Vidi Ekakusuma, kepada wartawan mengakui potensi paralayang cukup menjanjikan. Pemda KLU bahkan sudah me-launching objek wisata paralayang, yakni di Dusun Buani, Desa Benteke, Kecamatan Gangga. Sayangnya, pengelolaan oleh masyarakat terdampak oleh gempa.


“Kalau destinasi paralayang, kita akan cari tahu kriteria sisi safety-nya. Kita tanyakan ke masyarakat mereka bersedia mendukung atau tidak, karena banyak kasus setelah dibangun destinasi ternyata ada resistensi," ujarnya.

Vidi menegaskan, destinasi wisata Air Sport yang dibuka pemerintah harus dikelola dengan baik oleh masyarakat. Ia tidak ingin, program yang dibuka tidak asal viral sekejap namun tidak mampu berkembang.
Namun demikian, meski masih dalam tahap penjajakan bukan berarti di sana belum dilakukan kegiatan. Sejumlah komunitas menurutnya acapkali turun ke lapangan untuk menguji coba baik dari aspek angin dan keamanan di Nipah, manakala digunakan untuk olahraga tersebut. Menurutnya, hal inipun bagian dari upaya dalam rangka mengimbangi pariwisata tiga gili yakni menghadirkan destinasi di daratan mulai ujung Pemenang hingga Bayan.


Dari sisi anggaran, Disbudpar Lombok Utara siap mem-back up penuh namun sekali lagi, dilihat antusias masyarakat. Jika semakin banyak yang bergeliat untuk paralayang di Lombok Utara, maka pihaknya akan melakukan intervensi. Bila perlu ke Kementerian untuk mencari sumber anggaran pendukung lainnya.
“Dari investor dan masyarakat boleh terlibat investasi di sana, kalau berpotensi dinas akan lakukan intervensi kita lihat animo dan tidak menutup kemungkinan akan diteruskan ke kementerian,” pungkasnya. (Johari/Lombok Utara)

Share:

4 komentar:

Fennycia Lim said...

sabung ayam filipina s128 taruhan ayam berlaga online
Minimal Deposit IDR 50.000,- Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www.bolavita.ltd
Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
WA: +628122222995

atmanagara said...

Mari segera bergabung dengan kami.....
di IONPK.ORG.:)
pin BB : 58ab14f5 , di add ya...
Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
Dijamin seru dan menghasilkaN IONPK.ORG

cindy armaya said...

Numpang ya bossku ^^

HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
Bonus Welcome Untuk New Member:
- Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
- Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
- Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
- Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
- Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000s
- Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
REAL PLAYER VS PLAYER !!!

Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
WHATSAPP : +855966139323, +85585426330
BBM : KENARI00
LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

Nanda Yulia said...

Ijin Post Yahh
Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
- Minimal Deposit 15.000
- Bonus New Member 10.000
- Bonus Next Deposit 5%
- Bonus Rollingan 0,5%
- Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
REAL PLAYER VS PLAYER !!!
www(.)edenpoker(.)xyz

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive