Be Your Inspiration

Friday 24 June 2016

Menteri Koperasi dan UMKM AA Gede Ngurah Puspayoga Silaturahmi Ramadhan di NTB

Menteri Koperasi dan UMKM AA Gede Ngurah Puspayoga saat meninjau
salah satu hasil UMKM di Mataram, Jumat (24/6/2016)

Menteri Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga melakukan Silaturahmi Ramadhan 1437 Hijriah di Mataram NTB, Jumat (24/6/2016). Silaturahmi Ramadhan dipusatkan di Hotel Lombok Plaza Mataram dihadiri Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin, SH, MSi, pimpinan SKPD lingkup Pemprov NTB dan elemen lainnya.

Menteri asal Bali ini, menjelaskan target Kementerian Koperasi dan UMKM ke depan adalah membangun keterpihakan pada ekonomi kerakyatan. "Karena di saat sekarang ini, di saat kondisi dunia yang tidak menentu, Yunani yang jatuh, Cina yang terus mendeviasi nilai Yuan nya, bahkan krisis moneter yang pernah melanda Indonesia, negara harus tetap kuat," ujarnya

Kekuatan dimaksud dapat dilakukan melalui pengembangan UMKM. Dan di situlah juga dibutuhkan peran serta pemerintah, maupun perbankan khususnya dalam bentuk KUR."Ekonomi kerakyatan harus diperkuat untuk menghadapi gejolak dunia tersebut. Langkah yang telah ditempuh saat ini untuk memperkuat ekonomi kerakyatan adalah dengan menekan suku bunga KUR yang semula 22% menjadi 9% agar KUR lebih mudah diakses oleh masyarakat," jelasnya.


Diyakininya,  hal ini akan mendorong menurunnya tingkat kemiskinan. Dengan catatan, serapan KUR oleh masyarakat harus terus dikawal bersama. menteri juga mengungkapkan target pemerintah sekarang ini adalah penyebaran Rp 100 triliun di seluruh wilayah Indonesia. Dan pemerintah juga berkomitmen untuk mendukung terciptanya dan bangkitnya ekonomi kerakyatan tersebut. ‘’Intinya adalah, pembangunan harus bisa menurunkan kemiskinan,’’ ujar mantan Wakil Gubernur Bali ini.


Dalam silaturrahim tersebut diberikan  Nomor Induk Koperasi Gratis bagi beberapa koperasi, sertifikat Hak cipta, sertifikat hak merek, kredit gratis dari BRI, pemberian izin usaha bagi beberapa UMKM,  pemberian sembako gratis serta pemberian santuan bagi anak yatim, panti asuhan dan orang-orang jompo.


Sementara Wakil Gubernur NTB, H. Muh Amin menyampaikan harapannya di hadapan Menteri Koperasi dan UMKM agar ke depannya NTB diberi perhatian khusus untuk pembinaan dan pengembangan UMKM, baik melalui anggaran tugas pembantuan dan dana dekonsentrasi. 

Diakuinya, permasalahan yang dihadapi Koperasi dan UMKM di NTB yang sangat erat hubungannya dengan ketersediaan sumber daya yang ada, terutama SDM dan sarana prasarana. "Dengan bantuan dan dukungan pemerintah pusat, kami berharap dapat membantu meningkatkan kapasitas dan kualitas Koperasi dan UMKM di NTB," harapnya. (*) 
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive