Be Your Inspiration

Tuesday 17 September 2019

Gubernur NTB Buka Festival Pesona Moyo 2019

Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah didampingi Bupati Sumbawa H. Husni Djibril, Ketua DPRD Sumbawa saat memukul bedug tanda dimulainya Festival Pesona Moyo, Minggu (15/9/2019) malam

Gubernur NTB, Dr. H.  Zulkieflimansyah, S.E. M.Sc menekankan pentingnya akses serta penerbangan dalam mendukung kemajuan pariwisata. Karena sehebat apapun menyajikan destinasi dan atraksi budaya, wisatawan tidak mungkin berkunjung jika akses masih minim dan penerbangan masih susah.

Hal ini disampaikannya saat membuka secara resmi Festival Pesona Moyo tahun 2019 di halaman Kantor Bupati Sumbawa, Minggu (15/9/2019). Festival Pesona Moyo terpilih sebagai kalender 100 of event nasional yang diprioritaskan Kementerian Pariwisata. Pihaknya berharap pelaksanaan event ini bisa dirasakan manfaat dan dinikmati oleh masyarakat. “Jangan sampai juga kita melaksanakan satu festival besar tapi tidak dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat kita,” imbuhnya.

Dijelaskannya, pemerintah pusat melihat pariwisata adalah satu-satunya sektor yang mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan perbaikan kesejahteraan dalam waktu yang cepat. Hanya saja banyak orang sering keliru memahami pariwisata. Mencoba menata destinasi, desa-desa dan menyajikan tarian serta nyanyian untuk mendatangkan para wisatawan.

Tetapi dari hasil diskusi yang paling penting, orang berkeinginan datang ke suatu daerah karena kemudahan akses. Selain itu yang membuat wisatawan tertarik datang juga jika adanya direct flight (penerbangan langsung).  Berdasarkan data yang ada, sejak adanya direct flight dari Perth Australia datang ke Lombok, jumlah wisatawan Australia yang datang ke NTB meningkat 400 persen.

“Jadi tidak mungkin Festival Pesona Moyo akan ramai dikunjungi kalau akses datang ke Sumbawa masih minim. Tidak mungkin orang Jakarta, Surabaya semuanya mau datang ke Sumbawa kalau penerbangan masih susah. Saya kira yang kayak begini penting agar jangan sampai kita mendandani desa, memperbaiki objek wisata tapi pimpinan Dewan,  anggota Dewan dan pemda tidak memberikan subsidi untuk angkutan kita,” terangnya.

Disebutkannya, hal penting lainnya, pemerintah harus mampu mengidentifikasi asal wisatawan. Karena wisatawan yang paling banyak berkunjung ke NTB termasuk Kabupaten Sumbawa berasal dari Malaysia, kemudian China dan Australia. Hal ini karena adanya penerbangan langsung dari ketiga negara tersebut ke Lombok International Airport (LIA).

Gubernur juga mengakui bahwa turis yang datang ke NTB ini tidak hanya ingin melihat gunung dan laut tetapi juga atraksi yang ditampilkan. Karena tidak lebih dari dua hari anak-anak mereka sudah mulai mencari binatang. Makanya Gubernur berharap Kabupaten Sumbawa bisa menciptakan aktivitas, sehingga sehingga wisatawan lebih dari dua hari nyaman berada di Sumbawa, termasuk memiliki Kebun Binatang.

Gubernur berharap pemerintah daerah lebih serius dalam memajukan pariwisata. Salah satunya dengan mengenal dan mencintai budaya dan daerah Sumbawa. Selain itu juga harus memberikan pelayanan terbaik kepada setiap tamu yang berkunjung.
Pembukaan Festival Pesona Moyo 2019
Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, B.Sc, menyampaikan, dilaksanakannya Festival Pesona Moyo 2019 menjadi major event dari rangkaian kegiatan pariwisata yang dikemas dalam rangka mempromosikan Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu daerah tujuan wisata unggulan di Indonesia. 

Dengan memanfaatkan nama Pulau Moyo dalam festival ini, diharapkan mampu menggambarkan kekayaan dan eksotisme tinggi yang dimiliki daerah Sumbawa. Paling tidak tercatat ada 231 potensi objek wisata, termasuk 9 desa wisata yang ditetapkan oleh pemerintah Provinsi NTB di Kabupaten Sumbawa, yang membutuhkan interaksi cita rasa dalam konteks kepariwisataan dari segenap komponen baik pemerintah, masyarakat, pelaku wisata, maupun wisatawan itu sendiri. Pihaknya merasa bangga dan semakin termotivasi setelah ditetapkannya Festival Pesona Moyo sebagai salah satu dari 100 wonderful event Indonesia 2019 oleh Kementerian Pariwisata.

“100 wonderful events ini merupakan 100 atraksi wisata terbaik yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Untuk itu, pada gelaran Festival Pesona Moyo kali ini, kami telah mengerahkan segenap sumberdaya yang ada untuk menyajikan dan mengangkat hal-hal unik, menarik dan bernilai jual sebagaimana tema yang diusung yaitu  discover Sumbawa-find the uniqueness,” terangnya.

Sementara Tenaga Ahli Kementerian Pariwisata RI, Taufik Rahzen memaparkan proses masuknya Festival Pesona Moyo menjadi 100 kalender event nasional. Dijelaskan, terkait masa depan Festival Pesona Moyo, di mana diyakini Sumbawa menjadi pusat kebudayaan di Indonesia. Untuk itu, pihaknya ingin mengusulkan kepada Gubernur dan Bupati tentang pelaksanaan festival di NTB agar bisa di-branding kekuatan flora dan fauna.  Untuk binatang mulai dari Bau Nyale hingga Hiu Paus. Kemudian Barapan Kebo, Pacuan Kuda dan lainnya. (Indra Jauhari dan Arnan Jurami Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive