Be Your Inspiration

Thursday 21 June 2018

Selamat Jalan TGH. Safwan Hakim...

Ribuan warga mengiringi pemakaman Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lombok Barat, Kamis (21/6/2018)
Lautan manusia mengiringi pemakaman ulama kharismatik NTB asal Kediri Lombok Barat (Lobar), TGH. Safwan Hakim, Kamis (21/6/2018) sore. Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Hakim Kediri ini wafat Rabu (20/6/2018) malam di Puskesmas Kediri. TGH. Safwan Hakim dikenal sebagai ulama yang berkomitmen memajukan pendidikan melalui pondok pesantren yang didirikannya.
Pantauan koran ini, Kamis sore jalanan di Kota Santri Kediri seperti lautan manusia. Sekitar puluhan ribu orang mengantarkan ulama karismatik ini ke peristirahatan terakhir di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kediri. Kondisi ini sempat membuat arus lalu lintas macet, karena dialihkan ke jalur lain.

Sebagai sosok ulama yang memiliki riibuan santri dan ulama yang disegani di NTB. Masyarakat NTB seakan rebutan untuk bisa menyaksikan dan mensalatkan almarhum, jenazah disalatkan di Masjid Jamiq Baiturrahman Kediri, jenazah disalatkan sebanyak 121 kali oleh puluhan ribu masyarakat NTB.

Di lokasi pemakaman, puluhan ribu manusia mengantarkan almarhum ke peristirahatan terakhirnya, saat jenazah mau dimasukkan ke liang lahat, para warga berusaha untuk bisa mendekat ke liang lahat, sehingga panitia berusaha untuk menenangkan para hadirin agar tidak saling dorong dan bisa menyaksikan jenazah ditaruh di dalam liang lahat.

Atas nama Pemprov NTB Sekda NTB Ir. H. Rosiady H. Sayuti, MSc., PhD., menuturkan pengalaman terakhir bertemu dengan almarhum, adalah saat bulan Ramadhan di Islamic Center sebelum berangkat umrah. Sekda memuji sosok almarhum yang memiliki partisipasi besar dalam membangun NTB, khususnya dalam bidang pendidikan, sosial, agama.

Tidak hanya dari pemerintah  daerah, ujarnya, sosok  TGH. Safwan Hakim banyak mendapatkan penghargaan  pemerintah pusat dan aktif dalam kepengurusan Forum Kerukunan Umat Beragama  (FKUB) dan menjadi Ketua Forum Pondok Pesantren NTB anggota MUI. Tidak hanya itu setiap kali diundang selalu menyempatkan diri untuk hadir pada setiap undangan. "Selama tidak uzur beliau selalu hadiri undangan,"  tuturnya.

Sementara atas nama keluarga, TGH. Muharrar Mahfudz, menyampaikan sosok TGH. Safwan Hakim adalah sosok tokoh agama yang sangat hormat kepada para guru-gurunya. Ia tercatat berguru kepada almarhum TGH. Ibrahim Khalidi, almarhum TGH. Mustafa Khalidi dan almarhum TGH. Sulaiman. TGH Safwan Hakim merupakan putra  dari TGH. Abdul Karim, ia tidak selesai sampai S1 pendidikan nya, tetapi 5 tahunan setelah itu memulai belajar kitab kecil sampai besar yang diajarkan langsung oleh orang tuanya. "Saya selalu melihat beliau belajar privat kepada sang ayah," tuturnya.
Sebelumnya, Menteri Sosial Idrus Marham dan Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi menyempatkan diri untuk mensalatkan jenazah almarhum TGH. Safwan Hakim. Almarhum lahir pada tanggal 11 Juni 1947 di Dusun Karang Bedil Desa Kediri Kecamatan Kediri.  Almarhum meninggalkan  seorang istri  dan 13 orang anak. (Heruzzubaidi/Lombok Barat)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive