Be Your Inspiration

Thursday 21 June 2018

Usai Lebaran, Kawasan Gunung Rinjani Terbakar

Kawasan Gunung Rinjani Terbakar. (Dokumentasi TNGR)
Puluhan hektare kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) terbakar pada Sabtu (16/6/2018) lalu. Penyebab kebakaran diduga akibat adanya pengunjung atau wisatawan yang membuang puntung rokok.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB, Ir. Madani Mukarom, B. Sc.F, M. Si ketika dikonfirmasi Suara NTB, Rabu (20/6/2018). Madani menjelaskan kronologis kejadian berdasarkan informasi yang diperoleh.

Peristiwa terbakarnya puluhan hektare kawasan TNGR itu terjadi  Sabtu, 16 Juni 2018  pukul 15.00 Wita tepatnya  di pemantauan Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur (Lotim).  Luas areal yang mengalami kebakaran sesuai ukuran GPS seluas 35 hektare dan berjarak dari perkampungan sekitar 3 km.

"Dugaan sementara penyebab kebakaran adanya wisatawan pengunjung air terjun Mangku Sakti yang membuang puntung rokok," katanya.

Untuk memadamkan api, tim gabungan dari TNGR, Koramil 1615-10/Sembalun dan Polsek Sembalun melakukan pemadaman secara manual untuk melokalisir dan mencegah meluas dan merambatnya api. Pada pukul  18.30 Wita di hari yang sama,  api sudah dapat dipadamkan yang mengarah ke kampung.

Untuk mengantisipasi dan mencegah peristiwa kebakaran hutan dan lahan di NTB, Madani mengatakan Pemprov telah membuat langkah. Pertama, membuat surat edaran gubernur tentang  pengendalian kebakaran hutan ke seluruh  bupati/walikota. Kemudian, surat edaran tersebut sudah diteruskan ke seluruh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan UPT Kementerian LHK yang ada di NTB.

"Selain itu memerintahkan seluruh KPH dan Tahura berkoordinasi dengan pemerintah desa  dan aparat penegak hukum serta melakukan patroli rutin 24 jam 7 hari kerja," pungkasnya. (Muhammad Nasir/Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive