Be Your Inspiration

Tuesday 26 June 2018

Bank Indonesia Garap Proyek Percontohan Tepung Kelapa di Lombok Utara

Achris Sarwani
Potensi kelapa yang besar di Kabupaten Lombok Utara menjadi peluang bisnis besar bagi pengusaha di sana. Apalagi kelapa bisa diolah menjadi berbagai macam produk dengan nilai ekonomi tinggi. Hal itulah yang mendasari Bank Indonesia Perwakilan NTB berencana membentuk pilot project atau proyek percontohan pengolahan tepung kelapa di KLU.

“Di program ini, BI termasuk menjamin pasar dari olahan proyek ini. Dari hitungan kami, pasarnya sangat besar sekali,” kata Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB, Achris Sarwani kepada Ekbis NTB, bulan Juni 2018. 

BI nantinya akan membantu dari segi peralatan berupa mesin dan keahlian tenaga kerjanya. Sedangkan untuk pabriknya akan dibangun dan dimiliki oleh Pondok Pesantren Nurul Bayan di Bayan.

Peluang pasar yang besar, kata Achris membuat berapapun hasil produksi disana masih bisa masuk. Pengusaha binaan pun sebelumnya sudah mendapatkan informasi pasar,baik pasar dalam maupun luar negeri, tetapi sekarang juga ditambah dengan yang dikontrak dengan Bank Indonesia.

Achris mengatakan untuk tahun 2018 ini, proyek percontohan ini memang dicanangkan hanya 1 tetapi ternyata masyarakat banyak yang merespon positif. “Saya kemarin bertemu dan ada yang menanyakan apakah proyek itu bisa dikerjakan dengan biaya sendiri tetapi mencontoh pilot project ini, BI mendorong hal seperti itu karena potensi pasarnya besar,” jelasnya. 

Binaan BI pun menerima rencana tersebut dan mau membina mereka tetapi tetap dengan ketentuan bisnis yang disepakati.

Ia sangat mengapresiasi keinginan masyarakat untuk bergabung dalam proyek itu karena binaan BI di KLU mampu membuka peluang pasar. “Sekarang ini, mereka sedang berangkat ke Banten untuk study banding terkait pengolahan tepung kelapa ini,” kata Achris. Perencanaan proyek percontohan ini pun ditargetkan selesai dalam dua bulan ini.

“Kita targetkan implementasinya di bulan Agustus , sehingga di bulan September-Oktober sudah harus jalan,” jelasnya. Apalagi di bulan tersebut, akan diselenggarakan Festival Syariah dan menjadi perkenalan dari proyek ini. (Uul Efriyanti Prayoba)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive