Be Your Inspiration

Thursday 1 February 2018

Air Terjun Agal, Destinasi Alternatif Objek Wisata Selain Moyo di Sumbawa

Air Terjun Agal Sumbawa NTB (source : Google Site)


Air Terjun Agal merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah banyak dikunjungi wisatawan di Pulau Sumbawa. Kendati demikian, belum banyak wisatawan dari luar Sumbawa yang berkunjung ke destinasi ini. Air terjun ini bisa menjadi alternatif kunjungan, selain berwisata ke Pulau Moyo di Kabupaten Sumbawa.



Belum banyak pelaku pariwisata yang membuat paket wisata ke air terjun ini. Padahal keindahannya tidak kalah jika dibandingkan dengan air terjun lain yang sudah terkenal. Air Terjun Agal merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun indah tak terjamah yang ada di Kabupaten Sumbawa. Terletak di Kecamatan Alas, kurang lebih 70 kilometer dari Kota Sumbawa Besar.

“Sebagai warga Sumbawa, kurang rasanya kalau belum berkunjung ke Air Terjun Agal. Karena air terjun ini sangat indah dan eksotis. Saya berharap banyak wisatawan yang datang, termasuk bule-bule (wisatawan mancanegara),” kata warga Sumbawa, Amiruddin, di Mataram, Selasa (30/1/2018).



Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sumbawa Junaidi mengatakan, pihaknya tengah berupaya melengkapi fasilitas pada Air Terjun Agal. Dengan harapan banyak wisatawan yang berkunjung. Tidak saja wisatawan lokal, tapi juga wisatawan yang berasal dari luar Sumbawa.

“Kita punya Agal yang kita rasa sudah siap untuk dikunjungi wisatawan. Keindahan alamnya itu tidak kalah dari air terjun lainnya,” kata Junaidi belum lama ini.

Air Terjun Agal pada dasarnya memiliki daya tarik bagi wisatawan. Air jernih yang mengalir dari sungai di atasnya membelah puncaknya menjadi dua bagian. Karena tingginya,  seakan air jatuh dari langit menyeruak dinding tebing. Deburan airnya adalah satu-satunya suara yang memecah kesunyian Hutan Marente. Di sekitarnya menjadi sangat lembab karena percikan airnya terbang dibawa angin.

Suasana yang berbeda dari air terjun pada umumnya akan dirasakan oleh wisatawan saat sampai di tujuan. Pasalnya tempat ini tidak dekat dari pemukiman penduduk. Sehingga wisatawan dapat bersantai dan menikmati suasana dengan nyaman. (Linggauni/Suara NTB)


Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive