Be Your Inspiration

Monday 1 October 2018

Event Bli Bli Mekaki Marathon Diluncurkan di Car Free Day Bundara Hotel Indonesia Jakarta


 Launching Mekaki Marathon pada acara CFD di Bundaran HI Jakarta, Minggu (30/9/2018) 

Event sport tourism Bli Bli Mekaki Marathon 2018 yang digelar Pemkab Lombok Barat menjadi salah satu kegiatan yang ditargetkan mampu membangkitkan pariwisata Lombok dan NTB umumnya yang mati suri akibat bencana gempa beberapa waktu lalu. Event yang digelar Pemda bekerjasama dengan sponsor utama bli bli.com ini menjadi even wisata dan olahraga yang pertama sehingga didukung penuh oleh Kemenpar dan Kemenpora.

Event tahunan yang kali kedua digelar Pemda Lobar ini diluncurkan Minggu (30/9/2018) pagi  di kantor Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Mengambil momentum car free day (CFD) di bundaran Hotel Indonesia Jakarta, kegiatan launching menyedot banyak peserta. Ribuan peserta ikut berlari bersama Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid bersama kepala OPD dan camat. Ratusan pejabat dan jajaran Pemda turut serta, bahkan kegiatan tersebut.

Pejabat yang ikut antara lain Kadis Perkim H.L Winengan. Ikut juga ketua DPRD, Imam Kafali dan sejumlah anggota dewan, Kapolres AKBP Heri Wahyudi, Dandim Lobar, Letkol. Czi. Djoko Rahmanto. Ikut serta juga kepala Dispora NTB Hj Husnanidiaty Nurdin, Kepala Dinas Pariwisata NTB, H. Lalu Moh. Faozal jajaran Kemenpar dan Kemenpora RI. Para peserta berlari sepanjang 3,5 kilometer, mulai dari kantor Kemenpar lalu menuju bundaran HI. Ribuan warga DKI yang tengah menikmati CFD pun turut serta berlari, kehadiran artis Wulan Guritno dan artis lain menyedot perhatian warga DKI.

Dalam sambutan singkatnya, Bupati Lobar mengatakan, event Mekaki Marathon ini kali kedua digelar Pemda Lobar. Tahun lalu Mekaki Marathon digelar cukup sukses dengan ribuan peserta yang ikut. Mekaki Marathon kali ini kata Bupati, Pemda sedikit kurang percaya bisa dilaksanakan karena ditengah situasi Lobar dan sejumlah daerah di NTB dilanda gempa. Bahkan dampak gempa, industri pariwisata di Lobar mati suri.

"Namun berkat tekad kuat masyakarat dan Pemda, kami tidak mau berdiam diri, kami harus bangkit dan bergerak. Untuk itulah Mekaki Marathon kedua ini kami adakan,"jelas Bupati.

Ia pun mengajak segenap pihak dan masyakarat agar ikut dalam even yang digelar tanggal 28 Oktober tersebut. Kata bupati, semua pihak yang ikut even ini dipastikan akan mendapatkan kesan yang luar biasa. Sebab di samping menyuguhkan rute menantang, juga menyajikan keindahan alam pantai di sepanjang rute yang dilalui. 

Ia menambahkan, untuk membangkitkan pariwisata, Pemda Lobar juga menggelar beberapa even yakni Senggigi Jazz Festival, dan Even Budaya Perang Topat.

Kepala Dispora NTB Hj Husnanidiaty Nurdin yang mewakili Gubernur NTB mengatakan, Mekaki Marathon merupakan even sport tourism pertama diadakan di NTB pascagempa. Sesuai arahan gubernur, tak ada satupun even nasional yang ditunda namun didorong dipercepat. Agenda Mekaki Marathon ini tujuan utamanya agar tercapai target 4 juta wisatawan tahun 2018 ini.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kemenpar RI, Dra. Ni Wayan Giri Adnyani., M.Sc., mengatakan, Kemenpar mendukung penuh kegiatan ini untuk membangkitkan pariwisata NTB pascagempa di NTB. Berbagai upaya dilakukan membangkitkan Pariwisata NTB sebagai salah satu destinasi andalan, salah satunya even Mekaki Marathon dan Sail Moyo. "Kita mendukung penuh semua kegiatan Pemda Lobar dan Pemprov NTB. Mekaki Marathon dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Lobar. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa mempercepat pemulihan pariwisata NTB," katanya. (Heru Zubaidi Lombok Barat)


Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive