Be Your Inspiration

Tuesday 25 October 2016

Menikmati Pesona Lombok dari Bukit Pelolat

Bukit Pelolat di Batulayar. Dari ketinggian bukit ini bisa melihat Kota Mataram
dan daerah lain di Pulau Lombok. 

Jika ingin merasakan sensasi bertualang dan menikmati pemandangan Kota Mataram dan sekitarnya dari ketinggian, tidak salahnya mendatangi Bukit Pelolat. Bukit yang berlokasi di Dusun Bengkaung Desa Batulayar Lombok Barat ini menawarkan pemandangan Kota Mataram dan sekitarnya dari ketinggian.
Garis pantai yang panjang, mulai dari Batulayar sampai Lembar tersaji di depan mata. Ditambah dengan kapal besar yang sedang bersandar di tengah laut Ampenan akan terlihat jelas dari bukit ini. Saat Ekbis NTB mengunjungi tempat ini, Senin (17/10/2016) terlihat jelas seluruh Kota Mataram dari ketinggian kawasan perbukitan ini. Bangunan Islamic Center terlihat menonjol di antara bangunan lainnya, seperti perumahan dan persawahan.
Tidak hanya dapat melihat pemandangan kota dan pesisir pantai, kita juga dapat melihat deretan perbukitan, seperti Pusuk Pass, bahkan Gunung Rinjani jika cuaca sedang cerah. Selain keindahan yang ditawarkan, menurut warga setempat, Haris, Jan dan Endy, pada puncak bukit Pelolat terdapat batu besar yang penuh kisah mistis. “Di batunya ada jejak kaki raksasa bekas jin. Orang-orang tua asli sini tahu ceritanya,” tuturnya. Selain itu, batu tersebut memiliki ‘’saudara‘’ yang berada di Pusuk.
Pelolat dalam Bahasa Sasak sendiri berarti licin, karena sehabis hujan jalanan bukit menjadi licin.  Bukit ini biasanya ramai oleh pengunjung saat sore hari untuk menikmati pemandangan. Tidak hanya itu, Bukit Pelolat ini sering dijadikan sebagai lokasi syuting video klip lagu Sasak.
Jalan Bukit Pelolat ini dapat menembus Senggigi, tetapi jaraknya cukup jauh. Di samping bukit Pelolat, juga terdapat Bukit Cinta yang sering dikunjungi pengunjung. Suasana perbukitan yang asri serta banyaknya hotspot untuk dijadikan lokasi foto, menjadi daya tarik lain Bukit Pelolat.
Bukit Pelolat dapat ditempuh kurang lebih 30 – 45 menit perjalanan dari Kota Mataram. Rute perjalanannya, dari Mataram lalu Batulayar kemudian setelah sampai perempatan Sandik belok kanan lalu lurus. Nanti bertemu pertigaan masjid ke kanan, lalu lurus saja. Jalan naik ke bukit ini sudah dihotmix, tetapi karena jalannya yang mendaki, maka disarankan menggunakan kendaraan yang kuat nanjak agar bisa mencapai puncak bukit. Jika tidak kuat, cukup sampai sisi bukit saja, toh kita sudah dapat menikmati pemandangan Mataram dari ketinggian. (uul Efriyanti Prayoba)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive