Be Your Inspiration

Friday 21 October 2016

Pantai Batu Sekotong Masih Perawan

Keelokan Pantai Surat di Sekotong yang masih alami. Pantai ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati akhir pekan bersama keluarga. 

Sekotong merupakan salah satu kecamatan di Lombok Barat (Lobar) yang memiliki banyak tujuan wisata pantai. Biasanya orang-orang lebih mengenal Sekotong dengan tujuan Gili yang banyak terdapat di sana. Tetapi wisata pantai juga tak kalah menarik, salah satunya adalah Pantai Batu Surat.
Menurut Suhendra, salah satu warga lokal, pantai ini diberi nama begitu sejak zaman dahulu. “Ceritanya dulu raja sering berkirim surat untuk semua keperluan lewat sana, makanya dinamakan begitu. Selain raja, orang-orang dahulu juga suka berkirim surat lewat sana,” jelasnya pada Ekbis NTB, Sabtu (15/10/2016).
Pantai ini mudah ditempuh, karena berada di seberang jalan, hanya butuh 5 menit dari pintu masuk untuk sampai ke pantainya. Jalan ke pantai ini masih jalan tanah tetapi jarak yang tidak jauh membuatnya tidak terasa. Sesampai di sana kita akan menemukan palang pintu masuk untuk masuk ke pantai ini. Sayang, saat Ekbis NTB berkunjung palang tertutup rapat dan hanya ada sebuah motor terparkir di luar tanpa pemilik. Tetapi kita bisa masuk ke dalam pantai walau harus meninggalkan motor terparkir di luar palang.
Pemandangan di pantai sangat indah. Kita akan menemukan bukit yang dibangun sedemikian rupa untuk kenyamanan berwisata. Bukit tersebut dibuat seperti undakan-undakan yang memiliki tangga menuju bibir pantai. Bibir pantai dipenuhi dengan batu-batu halus yang cocok dijadikan tempat berfoto-foto. Terdapat sebuah bangunan di bukit itu, entah itu vila atau penginapan, yang kelihatannya sepi.
Pasir di tempat ini berwarna kuning ditambah laut yang jernih menambah indahnya pemandangan. Dari jauh kita dapat melihat gili-gili yang banyak ada di sepanjang pantai Sekotong. Panjang garis pantai yang tidak terlalu luas juga membuat pantai ini cocok untuk bersantai. Ombak di pantai juga tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk berenang bersama keluarga.
Pantai ini bisa dibilang cukup terkelola, hanya sayangnya sekarang kesannya sudah ditinggalkan karena sepi. Pantai ini berjarak hampir 70 km dari Kota Mataram dan dapat ditempuh dengan perjalanan 1,5 – 2 jam. Rute perjalanannya dari Mataram – Gerung – Lembar – Sekotong Barat. Nanti di samping jalan besar, terlihat bangunan kecil yang sekelilingnya ditumbuhi semak dan kebun singkong, belok kanan ke sana atau bisa bertanya pada penduduk sekitar jika sulit menemukannya. (uul Efriyanti Prayoba)


Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive