Be Your Inspiration

Monday 4 September 2017

Menteri BUMN Rini Soemarno Minta Pembangunan KEK Mandalika Dipercepat

Menteri BUMN, Rini Soemarno, didampingi Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer (kanan), saat meninjau kawasan Pantai Kuta, Jumat (1/9/2017). 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, mengaku puas dengan progres pembangunan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sejauh ini. Meski demikian, pihaknya tetap berharap proses pembangunan di kawasan tersebut bisa lebih cepat lagi, sehingga bisa segera berkembang dan bisa memberikan manfat bagi masyarakat di daerah ini. 

Permintaan itu disampaikannya saat meninjau proyek penataan kawasan Pantai Kuta usai mengikuti Salat Idul Adha, di Masjid Agung Nurul Bilad Mandalika, Jumat (1/9/2017).

Ia mengaku, progress pembangunan di KEK Mandalika sejauh ini sudah sesuai harapan. Bahkan bisa dikatakan melebih ekspektasi yang ada. Pun demikian, jika memang bisa lebih dipercepat tentunya akan semakin baik.

Selain pembangunan fasilitas pendukung kawasan, saat ini tengah berproses pembangunan sejumlah hotel berbintang. Dua di antaranya Club Med serta Pullman yang ditargetkan dalam waktu dekat ini akan segera berjalan. “Banyak pembangunan yang sedang maupun akan berjalan. Termasuk pembangunan beberapa hotel. Dan, tentunya kita berharap semua bisa lebih cepat,”  ujarnya.

Tidak kalah penting, lanjut Rini, masyarakat di daerah ini diharapkan segera menyiapkan diri guna menghadapi pengembangan KEK Mandalika. Masyarakat harus membekali diri dengan kemampuan serta skill yang memadai, sehinggga bisa ikut terlibat dalam pengembangan KEK Mandalika nantinya. “Setelah pembangunan fisik berjalan, peningkatan kualitas SDM masyarakat diharapkan bisa kita berharap juga  bisa dipacu,” imbuhnya.

Menurutnya, tujuan utama pembangunan KEK Mandalika ialah bagaimana bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat lingkar kawasan dan daerah ini secara lebih luas. Untuk itu, mayarakat juga perlu mempersiapkan diri. Jangan sampai masyarakat justru tidak bisa ikut terlibat, sehingga apa yang diharapkan dari pembangunan ini tidak tercapai.

Dikonfirmasi terpisah, Deputy Project Director ITDC, H. Adi Sujono, mengatakan pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin menyelesaikan pekerjaan proyek secepat mungkin. Bahkan pihaknya sampai harus menambah jam kerja. Dalam hal ini, pekerja tidak hanya pada pagi hari saja, tapi pembangunan juga terus digenjot sampai malam hari.

“Ini sudah menjadi komitmen kami, bagaimana proses pembangunan di KEK Mandalika bisa lebih cepat,”  janjinya.

Waktu yang ada, lanjutnya, seoptimal mungkin dimanfaatkan, supaya progress pembangunan bisa sesuai harapan, bahkan lebih cepat dari jadwal yang sudah direncanakan. Untuk mewujudkan hal itu tentunya dukungan masyarakat sangat diharapkan. Agar bagaimana proses pembangunan semua kegiatan yang ada di dalam KEK Mandalika bisa berjalan lancar, sehingga kawasan ini bisa cepat tumbuh dan berkembang serta menjadi destinasi pariwisata utama di daerah ini. (Munakir/Lombok Tengah)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive