Be Your Inspiration

Friday 21 June 2019

Bukit Pal Jepang, Tantangan Baru Bagi Pecinta Wisata Trekking di Lombok Timur


Pemandangan dari puncak bukit Pal Jepang bisa melihat puncak Gunung Rinjani dan bukit-bukit sekitarnya. 
Lombok Timur (Lotim) adalah daerah dengan destinasi wisata cukup lengkap. Selain sederetan pantai dengan panorama yang menawan dan gunung Rinjani yang terkenal, bukit-bukitnya pun cukup menantang dan memukau. Bagi pecinta wisata trekking, adalah Bukit Jepang bisa menjadi salah satu alternatif. Utamanya bagi penggemar pendakian.

Bukit Pal Jepang ini diperkenalkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Langgar Pusaka Desa Sapit Kecamatan Suela Kabupaten Lotim bersama dengan para pelaku wisata lainnya. Oleh para Pokdarwis Sapit ini, bukit dengan ketinggian 2.300 mdpl itu telah coba dibuka sebagai salah satu destinasi wisata bertema Trekking.

Pal Jepang menawarkan multi panorama alam yang menakjubkan. Tim SDM Pokdarwis Sapit, Hijazi Noor mengatakan, bukit Pal Jepang ini dibuka jalurnya melalui desa Sapit. Kawasan perbukitan yang indah itu telah dijadikan destinasi wisata baru di Lotim. Perjalanan menuju puncak bukit dari Sapit butuh waktu empat jam perjalanan kaki. Kawasan yang dilewati diakui memang masih cukup ekstrim. Karenanya saat ini Pokdarwis Sapit ini masih mencoba menata dan mengelola kawasan ini menjadi lebih menarik. “Dari Sapit, bukit berada di sebelah timur utara,” terangnya. 

Sedangkan dari wilayah Sebau Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) juga bisa dilihat jelas bukit Pal Jepang sebagai bukit paling tinggi. 

Jalur treking melintasi areal yang sejuk dan dikelilingi padang savana. Adapun jalurnya, menggunakan sepeda motor sampai di Blok Dupe. Baru kemudian berjalan tiga jam ke arah barat sampai di bawah bukit Calo. Yakni berada di kaki bukit Pal Jepang. Di bukit Calo ini cukup luas tempatnya. Dari Calo inilah para pendaki bisa istirahat sebentar sebelum menuju puncak Pal Jepang. Dari Bukit Calo menuju Pal Jepang melewati punggung-punggung bukit yang memang terlihat cukup ekstrim. “Jalannya agak sempit, sekitar 2 meter dan memang tidak begitu aman bagi pemula,” ungkapnya.

Senada dikemukakan Asri, pelaku wisata yang sudah menjajalkan pendakian ke Bukit Pal Jepang ini menuturkan, untuk mecapai puncak Bukit Pal Jepang dilalui 4 fase perjalanan. Setiap fase para pendaki dapat meyaksikan panorama yang berbeda. Fase pertama, perjalanan di mulai dari Langgar Pusaka Desa Sapit berjalan menapaki jalan rabat di wilayah perkampungan Dusun Sapit. Perjalanan ini berjarak sekitar 500 meter dengan jarak tempuh sekita 10 menit (jalan kaki).

Sepanjang perjalanan ini pendaki dapat menikmati pesona salah satu situs cagar budaya dan peninggalan kepurbakalaan "Langgar Pusaka" (Masjid Tua Desa Sapit) dan panorama perkampungan Dusun Sapit.

Fase
kedua, berjalan melalui jalan rabat yang melintasi kawasan lahan pertanian dan perkebunan masyarakat Desa Sapit. Jalur ini berjarak sekitar 1 km dengan trip yang lumayan curam dan lumayan menguras tenaga, namun di sepanjang perjalanan pendaki dapat menikmati panorama view kawasan sawah terasering yang terhampar sedemikian indahnya.

Trip ini cukup menguras tenaga. Jika pendaki ingin mengirit tenaga maka pendaki dapat menggunakan jasa ojek setempat. Dari Langgar Pusaka hingga bibir hutan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Jalur itu hanya dapat dilalui oleh pengendara profesional.

Fase ketiga, pendaki akan berjalan menelusuri hutan dengan jarak sekitar 1,6 km. Fase perjalanan ini menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam (jalan kaki).  Sepanjang perjalanan ini pendaki dapat menikmati pesona alam hutan yang sejuk dengan aneka ragam floranya. Hutan Adat Desa Sapit yang pendaki lalui pada fase ini menyediakan panorama yang cukup menawan. Di sana pendaki dapat melihat berbagai jenis kayu dengan ukuran yang bervariasi, berbagai jenis rumput, beberapa jenis anggrek dan tumbuhan liar yang tidak pendaki temukan di tempat lain.

Selain berbagai jenis flora, di hutan ini juga dapat ditemukan beberapa jenis fauna (satwa), seperti kera berekor panjang, kera hitam, ayam hutan, koak
- kaok dan berbagai jenis burung yang mendendangkan suara indahnya. “Jika pendaki beruntung, di kawasan hutan ini juga pendaki dapat melihat rusa dan kijang sebab di kawasan ini satwa tersebut masih banyak berkeliaran,” ucapnya.
Perjalanan di fase ketiga dapat memberikan kesan bisa melihat berbagai panorama yang tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri bagi treking yang pendaki lakukan menuju Pal Jepang.

Fase ke empat, adalah jalan melalui hutan yang rindang dengan udaranya yang sejuk. Ujung hutan pendaki sudah di tunggu oleh panorama savana yang mayoritas ditumbuhi rumput ilalang dan beberapa jenis pakis serta beberapa jenis rumput lainnya.

Menuju puncak Bukit Pal Jepang, pendaki harus melalui dua bukit di bawahnya. Bukit pertama disebut Pelawangan Pal Jepang dengan ketinggian 1.851 mdpl. Bukit ini cukup pendaki dan sangat nyaman sebagai tempat mendirikan perkemahan. Dari bukit ini pendaki dapat menyaksikan panorama Gunung Rinjani berbentuk jantung yang ada di sebelah barat dan pada sore hari pendaki dapat menyaksikan
matahari yang seolah terbenam (sunset) di balik puncak Rinjani.

Dari ujung hutan pendaki harus menempuh perjalanan melalui savana yang terbagi dalam tiga bukit dengan jarak sekitar 700 m dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 10 menit. Jalurnya cukup terjal, terutama setelah melalui Bukit Pelawangan Pal Jepang.

Setelah melintasi savana
Pelawangan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, maka pendaki harus melalui trek yang cukup terjal hingga mencapai Bukit Jaran Kurus dengan ketinggian 2.100 mdpl. Disebut Bukit Jaran Kurus sebab puncak bukit ini agak lancip layaknya punggung kuda yang berbadan kurus.

Perjalanan dari Bukit Jaran Kurus hingga puncak Bukit Pal Jepang memakan waktu tempuh sekitar 40 menit. “Jaraknya sih hanya sekitar 400 meter namun tripnya yang terjal layaknya kita menuju Pelawangan Rinjani membuat kita butuh waktu yang lumayan untuk mencapai puncak Bukit Pal Jepang,” demikian. (Rusliadi/Lombok Timur)
Share:

2 komentar:

cindy armaya said...

Numpang ya bossku ^^

HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
Bonus Welcome Untuk New Member:
- Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
- Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
- Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
- Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
- Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000s
- Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
REAL PLAYER VS PLAYER !!!

Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
WHATSAPP : +855966139323, +85585426330
BBM : KENARI00
LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

Nanda Yulia said...

Ijin Post Yahh
Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
- Minimal Deposit 15.000
- Bonus New Member 10.000
- Bonus Next Deposit 5%
- Bonus Rollingan 0,5%
- Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
REAL PLAYER VS PLAYER !!!
www(.)edenpoker(.)xyz

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive