Be Your Inspiration

Wednesday 8 April 2015

Kerajinan Patung Kayu Senanti Lombok Timur di Ambang Kepunahan


Inilah hasil kerajinan patung Senanti di Jerowaru Lombok Timur. Kerajinan tangan ini terancam punah,
 karena tidak lagi diperhatikan pemerintah
Salah satu kerajinan patung kayu yang berkembang di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) adalah kerajinan patung kayu di Senanti Kecamatan Jerowaru. Kerajinan patung kayu yang mulanya mampu menembus pasar internasional sekarang ini hanya sebatas kenangan di mata masyarakat.

Pasalnya, Desa Senanti Kecamatan Jerowaru yang dulunya dikenal dengan kerajinan patung yang terbuat dari kayu saat ini hampir sudah tidak ada lagi ditemukan di Desa Senanti.

Alasannya, pengerjaan satu patung membutuhkan waktu lama, menguras tenaga dan membutuhkan kejelian. Namun, setelah jadi, hasil kerajinan dibeli dengan harga murah.

Padahal, untuk membeli kayu untuk diukir saja, seorang perajin harus mengeluarkan biaya yang cukup besar hanya untuk sekedar membeli kayu.


Salah satu masyarakat di Senanti, Amaq Sahirin  Sabtu (4/4/2015), tidak mengingkari, jika Desa Senanti merupakan salah satu desa yang cukup terkenal dengan seni kerajinan patung kayunya. Tapi itu dulu. Beberapa puluh tahun yang lalu, hampir semua masyarakat di Desa Senanti pandai memahat maupun membuat sebuah ukiran dengan berbagai jenis, baik dalam bentuk pahatan manusia maupun binatang dan lain sebagainya. 

Sayangnya, karya masyarakat Senanti untuk menjadikan sebuah kayu yang mulanya bundar menjadi karya seni yang bernilai tinggi itu hanya dihargai tak seberapa. Akibatnya, masyarakat Senanti Kecamatan Jerowaru lebih banyak memilih bertani dan menjadi TKI daripada mengembangkan sebuah ciri khas dan peninggalan nenek moyang mereka.  
 
Salah seorang perajin Patung Senanti di Lombok Timur
Sahirin menuturkan, seandainya masyarakat pembeli lebih menghargai karya-karya masyarakat, maka potensi kerajinan akan berkembang luar biasa. Namun, minimnya pesanan dan harga yang sangat murah membuat masyarakat harus mencari sumber penghidupan yang lain.

Sebagai seorang warga Senanti, Sahirin tentu saja menginginkan pemerintah daerah memperhatikan berbagai potensi yang ada di wilayahnya. Salah satu potensi yang membutuhkan perhatian adalah kerajinan patung Senanti. Jika patung Senanti berkembang secara optimal, maka daerah yang dulunya ramai dengan para pembeli akan kembali normal.

Meski demikian, semuanya kembali lagi pada pemerintah daerah dan semua elemen masyarakat memberikan perhatian lebih, khususnya dalam melestarikan potensi yang dimiliki.(Yoni Ariadi)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive