Be Your Inspiration

Monday 7 December 2015

Hutan Wisata Lemor Lombok Timur

Menuruni tangga di objek wisata Lemor Kecamatan Suela
Lombok Timur

Hutan Wisata Lemor (HWL) merupakan salah satu hutan wisata yang masih alami yang berada di wilayah Dusun Cempaka, Desa Suela, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Letaknya yang strategis sebagai jalan lintas menuju Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menjadikannya sebagai objek wisata yang menarik perhatian banyak wisatawan lokal.


Selain sebagai hutan wisata yang udaranya menyegarkan, di dalam hutan lindung ini juga terdapat mata air yang cukup besar dengan debit air lebih kurang 200 meter kubik per menitnya. Selain untuk mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat Desa Suela dan sekitarnya, terutama Desa Ketangga, Suntalangu, Selaparang dan bahkan menjangkau Kecamatan Pringgabaya, mata air ini juga digunakan untuk mengairi lahan pertanian masyarakat sekitar.
Taman pemandian yang ada di objek wisata Lemor
Kecamatan Suela Lombok Timur

Di dalam Hutan Wisata Lemor terdapat kolam pemandian dengan air yang sangat dingin dan tetap mengalir sepanjang waktu. Airnya berasal dari sumber mata air pegunungan Lemor yang langsung terhubung dengan anak Gunung Rinjani di Desa Wisata Sembalun.

Bagi masyarakat Lotim khsusunya yang berada di kawasan Lotim bagian utara, Hutan Wisata Lemor merupakan taman wisata yang cukup popular. Karena berada di daerah perbukitan dan berada di tengah hutan lindung Lemor yang membuat suasananya sejuk dan pemandangannya begitu indah. Namun, karena masih kurang terurus dan terorganisir dengan baik maka masih banyak yang tidak mengenal objek wisata ini, terutama wisatawan asing dari luar kabupaten.  
 
Fasilitas yang ada di objek wisata Lemor Kecamatan Suela
Lombok Timur Desember 2015
Memasuki areal Hutan Wisata Lemor, pengunjung akan disambut dengan pohon-pohon besar yang menjulang tinggi. Semakin terasa damai memasuki kawasan itu dengan indahnya kicauan burung diiringi suara gemercik air. Selain difungsikan sebagai tempat rekreasi atau taman wisata, Hutan Wisata Lemor juga dijadikan sebagai tempat pemandian, bumi perkemahan dan wisata alam. Dengan karcis 5.000 untuk orang dewasa dan 3.000 untuk anak-anak, pengunjung dapat menikmati indahnya Hutan Wisata Lemor.
 
Gerbang masuk objek wisata Lemor Lombok Timur
yang sedang dalam proses pengerjaan.
Untuk menuju lokasi pemandian, setiap pengunjung harus rela menuruni 111 anak tangga. Tapi lelah menuruni anak tangga terbayar karena para pengunjung dapat melihat rimbunannya pepohonan mahoni dan beragam jenis tanaman lainnya. Hal ini tentu saja menambah keasrian hutan dengan luas 89.20 ha tersebut. (darsono yusin sali)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive