Be Your Inspiration

Tuesday 1 December 2015

Nikmati Sensasi Pulau Kenawa di Sumbawa Barat


Hamparan savana di Pulau Kenawa Sumbawa Barat NTB

Pulau Kenawa merupakan salah satu pulau di gugusan pulau Gili Balu yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Provinsi NTB  tepatnya di desa pesisir, Desa Poto Tano, Kecamatan Poto Tano, KSB. KSB  sendiri merupakan kabupaten baru di Provinsi NTB.  KSB  adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Sumbawa pada tanggal 18 Desember 2003 berdasarkan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat di Provinsi NTB.


Secara geografis Pulau Kenawa terletak pada posisi 116049’58,98” BT dan 08029’55,18” LS, dengan batas-batas wilayah administrasi sebelah Utara : Pulau Panjang dan Laut Flores,  Sebelah Timur : Pulau Range (Namo) dan Pulau Kalong, Sebelah Selatan : Pulau Sumbawa Sebelah Barat : Pulau Ular dan Selat Alas.
Pasir putih Pulau Kenawa Sumbawa Barat NTB

Pulau Kenawa memiliki luas 13,8 hektar  dengan  garis pantai yang membentang sepanjang 1,73 km. Daratan Pulau Kenawa didominasi oleh padang rumput yang hampir lebih dari sebagian luas pulau, vegetasi mangrove menutupi sekitar seperempat  garis pantai. Sedangkan tipologi pantai pada umumnya berpasir putih. Pulau Kenawa adalah pulau savana yang menghijau saat musim hujan dan kuning emas saat musim panas.
Selfie di salah satu bukit Pulau Kenawa Sumbawa Barat NTB

Meskipun belum terlalu dikenal luas dibandingkan destinas wisata lainnya di NTB, Pulau Kenawa ternyata banyak dikunjungi para selebritis tanah air. Bahkan, Puleu Kenawa merupakan rumah singgah para wisatawan atau pelancong dari Malaysia. Dengan potensi yang dimiliki, Pulau Kenawa akan dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan KSB dan nasional.

“Pulau Kenawa itu akan jadi andalan wisata Sumbawa Barat dan nasional. Itu luar biasa indahnya. Kalau pelancong Malaysia,  itu hanya komunitas rumah singgah. Tapi para selebritis Indonesia hampir tiap minggu datang ke situ,” kata Penjabat Bupati KSB, Dr. H. Abdul Hakim, MM ketika dikonfirmasi Suara NTB terkait pengembangan destinasi wisata Pulau Kenawa bulan November 2015.
Indahnya sunset di Pulau Kenawa Sumbawa Barat NTB

Menurutnya, Pulau Kenawa merupakan salah satu dari delapan pulau-pulau kecil yang ada di KSB yang sangat potensial untuk pengembangan pariwisata kepulauan. Pulau Kenawa, lanjutnya, merupakan salah satu dari dua pulau yang sering dikunjungi wisatawan baik local dan mancanegara selain Pulau Paserang yang sudah memiliki akomodasi pariwisata, seperti penginapan.

Mantan Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) NTB ini menjelaskan Pulau Kenawa masuk dalam jajaran delapan pulau-pulau kecil yang disebut Gili Balu’. Gili Balu’ sendiri masuk dalam kawasan Pengelolaan Hutan (KPH) Brang Rea. Dimana kawasan itu termasuk hutan produksi terbatas. Tentu pengembangannya pariwisata berbasis kepulauan,”ucapnya.

Dalam rencana pemda KSB, kata Hakim, sedang dilakukan finishing rencana pembangunan (RP) kawasan Gili Balu’. Diargetkan, rencana pembangunan kawasan ini dapat rampung pada tahun ini sehingga pengembangan Pulau Kenawa dan tujuh pulau lainnya dapat dilakukan dengan maksimal.

“Fasilitas umum belum memadai di sana karena perizinannya belum keluar menunggu rencana pengembangan kawasan itu. Kalau RP sudah keluar maka izin otomatis bisa keluar,”imbuhnya.

Hakim mengatakan banyak investor yang berminat untuk mengembangkan Pulau Kenawa menjadi salah satu destinasi wisata andalan KSB, baik dalam dan luar negeri. “Ada yang sangat tertarik mengembangkan,” tandasnya.  (Teks dan foto oleh Muhammad Nasir)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive