Be Your Inspiration

Tuesday 29 August 2017

Menikmati Sensasi Water Blow di Pantai Tunting Unting Lombok Tengah

Pantai Tunting Unting Lombok Tengah dengan sensasi water blow

Pantai Tunting Unting merupakan satu dari sekian pantai cukup menarik dan patut dikunjungi ketika berwisata di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng). Selain menawarkan panorama pantai yang indah khas daerah ini. Pantai ini juga menawarkan sensasi lain yang bisa dinikmati wisatawan, yakni sensasi water blow (hempasan air).

Water blow terjadi akibat adanya ombak besar yang menghantam tebing. Dan, kebetulan di Pantai Tunting Unting, sebagian besar pesisir pantaianya berupa tebing. Ditambah posisi pantai yang berhadapan langsung dengan laut lepas, sehingga rata-rata ombak yang datang cukup besar. Dengan ketinggian water blow bisa mencapai hingga 10 meter.

Untuk mencapai pantai yang masuk wilayah Desa Mekar Sari Kecamatan Praya Barat ini, bisa menggunakan sepeda motor hingga Pantai Semeti. Di sana kendaraan bisa dititip di rumah warga setempat dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. “Dari Pantai Semeti ke Pantai Tunting Unting ini kira-kira buruh waktu tempuh sekitar 2 jam dengan jalan kaki,” aku Sidik, salah satu pengunjung.

Water blow  Tunting Unting Beach Central Lombok is very beautiful

Cukup lama dan tentunya melelah memang. Tapi semua itu akan terobati dengan pemandangan indah serta sensasi yang bisa dihadirkan di pantai tersebut. Lagi pula, selama perjalanan juga tidak begitu panas. Karena hampir sebagian jalur berada di dalam kawasan hutan lindung.

Meski demikian, tetap butuh cukup perbekalan untuk bisa sampai ke Pantai Tunting Unting, terutama persediaan air yang dibawa harus cukup. “Persoalan utama selama perjalanan adalah sumber air yang minim. Jadi harus siap bekal air sejak awal perjalanan,” ujarnya.

Pantai ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga belum begitu dikenal. Kendati menawarkan nuansa yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Loteng. Terlebih jalur menuju pantai sudah ada, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir tersesat. Karena tinggal mengikuti jalur yang sudah ada.

Menurut pengakuan warga sekitar, di Pantai Tunting Unting juga sebagai salah satu tempat bertelur penyu. Hal itu dikarenakan warga sering menemukan sarang termasuk bekas telur penyu di pantai tersebut. Bahkan, sering kali ditemukan para pemburu telur penyu mendatangi pantai ini untuk berburu telur penyu.(Munakir/Lombok Tengah)


Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive