Be Your Inspiration

Wednesday 13 February 2019

Penerapan Zero Waste di NTB, Lingkup Kantor Gubernur NTB Harus Jadi Contoh

Kepala Biro Umum Setda NTB H. Fathul Gani mengecek bahan prasmanan yang terbuat dari gerabah dalam sebuah acara di Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB.
KEBIJAKAN NTB bebas sampah (zero waste) yang dicanangkan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., MSc., dan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, MPd., menjadikan lingkup Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi NTB menjadi contoh. Setda yang menjadi tempat kerja gubernur, wakil gubernur, sekretaris daerah dan beberapa kepala biro harus mengimplementasikan apa yang menjadi perintah gubernur.



Untuk itu, Biro Umum Setda NTB di bawah komando Drs. H. Fathul Gani, MSi., berusaha menjadi contoh bagi OPD lain, terutama dalam menjadikan lingkup Setda NTB bebas sampah, khususnya sampah plastik. Kini dalam setiap acara yang digelar di lingkup Setda NTB atau Kantor Gubernur NTB tidak lagi menemukan penggunaan bahan baku plastik atau bahan sekali pakai. Tamu yang menghadiri acara rapat atau pertemuan disuguhkan makanan ringan atau minuman dengan menggunakan wadah dari gerabah, seperti piring, gelas hingga kendi. Begitu juga wadah tempat prasmanan menggunakan gerabah.

Kepala Biro Umum Setda NTB H. Fathul Gani, menegaskan, penggunaan gerabah dalam setiap acara di lingkup Pemprov NTB merupakan bentuk penerapan kebijakan zero waste yang telah diluncurkan pimpinan daerah. Pihaknya bertekad lingkup setda harus menjadi percontohan bagi OPD lain agar tidak ada lagi sampah-sampah tercecer di beberapa tempat. Termasuk menggunakan gerabah yang merupakan produksi lokal. Adanya penggunaan produk lokal ini setidaknya mampu memberikan kesejahteraan pada perajin.



Tidak hanya itu, pihaknya menjamin gerabah yang dipergunakan saat jamuan, khususnya acara berlangsung sudah bersih dan steril atau siap dipergunakan. Dalam hal ini, pihak Biro Umum sebelum mempergunakan bahan-bahan saat acara telah melalui proses sterilisasi. ‘’Ndak usah khawatir. Bahan-bahan yang kami gunakan telah melalui proses,’’ujarnya meyakinkan.

Sebelumnya, Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah mengingatkan agar lingkup Kantor Gubernur menjadi contoh penerapan zero waste di NTB. jika sudah diterapkan di Kantor Gubernur NTB sudah bagus bisa diterapkan di tempat lain, sehingga seluruh OPD lingkup Pemprov NTB bebas sampah. (Marham)

Share:

1 komentar:

Rai Vinsmoke said...

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive