Be Your Inspiration

Monday 2 April 2018

Oi Hodo, The Unique Beach at Dompu Regencey

A tourist  enjoying the atmosphere of Oi Hodo Beach at Dompu District. This beach consist of a unique beach in the world
Banyak destinasi wisata yang dimiliki Kabupaten Dompu. Tidak hanya Lakey dan Tambora. Ada pula Pantai Oi Hodo yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Pantai ini berada di  jalan utama lintas Dompu-Calabai di kaki Gunung Tambora. Pantai ini juga masuk dalam paket Tambora Historical Trail yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini.

“Tempatnya bagus, ada mata air juga di sini. Jadinya ini sangat unik, karena ada mata air dekat pantai,” kata warga Dompu Muhaemin, Senin (22/3).

Tempat wisata Oi Hodo dapat ditempuh selama tiga jam dari Kota Bima menggunakan kendaraan bermotor dan dari Kabupaten Dompu hanya satu jam dengan melintasi akses jalan yang baik. Keunikan pantai ini yaitu terdapat mata air tawar yang ada di dekatnya.

Pantai Oi Hodo juga menjadi salah satu tempat persinggahan bagi setiap orang yang akan ke Gunung Tambora. Sehingga tidak heran jika pantai ini sudah dikenal, terutama di kalangan pendaki. Meski demikian, banyak pula wisatawan lokal yang berkunjung ke pantai ini. Hanya saja belum ada fasilitas pendukung yang menunjang kenyamanan wisatawan.

Ia mengatakan, selama ini wisatawan lokal sudah banyak yang berkunjung. Pemda setempat belum mengelola pantai ini sebagai destinasi wisata yang dapat diandalkan. Padahal lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Tambora bisa saja menjadi nilai jual.

“Kalau memang mau dibuatkan paket wisata saya pikir ini sangat bagus. Masyarakat juga harus mempersiapkan diri dengan baik. Karena kalau sudah ada paket wisata, pasti banyak wisatawan yang akan datang,” ujarnya.

Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam dengan area yang luas dan panjang. Lokasinya juga sangat pas untuk mengambil gambar atau melakukan swafoto. Beragam aktivitas dapat dilakukan di pantai ini. Termasuk berenang hingga memancing. Banyak wisatawan yang membawa kail dari rumah untuk bisa menikmati sensasi memancing di pantai ini.

Pantai ini terletak di Desa Oi Hodo, Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu. Wisatawan juga akan menjumpai banyak kerbau di sekitar pantai. Karena pemiliknya kadang melewati pantai itu untuk kembali ke rumahnya. (Linggauni/Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive