Be Your Inspiration

Thursday 19 April 2018

Menteri BUMN Rini Soemarno Ingatkan Agar Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Harus Beri Manfaat

Menteri BUMN Rini Soemarno melihat maket Paramount Hotel usai groundbreaking di KEK Mandalika, Rabu (18/4/2018). 
Menteri BUMN Rini Soemarno, menegaskan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika harus benar-benar memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat sekitar. Jangan sampai, pengembangan KEK Mandalika justru memastikan masyarakat sekitar, karena pembangunan dilaksanakan, itu demi kepentingan masyarakat.

Untuk itu, Rini mengingatkan kepada ITDC selaku pengelola kawasan Mandalika agar tetap memperhatikan masyarakat sekitar dengan memberikan pembinaan dan pelatihan kepada masyarakat. Agar bagaimana kemudian masyarakat bisa ikut berkembang seiring dengan berkembangnya kawasan Mandalika.

“Ekonomi masyarakat di kawasan ini harus berkembang seiring dengan berkembangnya kawasan Mandalika,”  ujarnya saat groundbreaking Paramount Hotel di KEK Mandalika, Rabu (18/4/2018). Selain pembinaan dan pelatihan, masyarakat sekitar kawasan hendaknya juga bisa disiapkan fasilitas serta ruang-ruang untuk berkembang.

Untuk itu, antara perkembangan kawasan Mandalika dengan ekonomi masyarakat di lingkar kawasan bisa seiring dan selaras. “Jangan hanya kawasan saja yang berkembang. Sementara ekonomi masyarakat tidak ikut berkembang,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, menegaskan pihaknya sangat memberikan perhatian serius terhadap perkembangan ekonomi masyarakat lingkar kawasan, sehingga ada beberapa program yang telah dipersiapkan oleh ITDC guna mendorong perkembangan ekonomi masyarakat di lingkar kawasan.

Selain dengan melakukan kegiatan pelatihan dan pembinaan, tahun ini ITDC sudah mulai membangun area khusus bagi pelaku UKM di lingkar kawasan. Yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UKM untuk menjalankan aktivitas ekonominya. Begitu pula dalam hal penyediaan area-area publik, tetap jadi perhatian khusus. “Kita tetap sediakan area publik yang bisa diakses oleh masyarakat luas dan wisatawan. Di area ini pula kita siapkan fasilitas-fasilitas pendukung ekonomi masyarakat, sehingga perekonomian masyarakat bisa ikut berkembang,”  ujarnya.  (Munakir/Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive