Be Your Inspiration

Tuesday 24 April 2018

Gula Semut Kekait Lombok Barat Siap Ekspansi ke Pasar Eropa

Proses pembuatan gula semut di Desa Kekait Kecamatan Gunungsari Lombok Barat
KEBERADAAN pohon aren yang tumbuh subur di Desa Kekait Kecamatan Gunungsari Lombok Barat (Lobar) telah lama dimanfaatkan masyarakat mulai dari batang sampai buahnya. Desa ini dikenal sebagai salah satu sentra pembuatan gula aren terbaik di Lombok, karena melimpahnya bahan baku air nira yang diolah menjadi gula aren. Bentuk gula aren yang dulunya hanya berupa gula batok atau gula bumbung sejak beberapa tahun terakhir mulai dilakukan inovasi menjadi gula semut yang bernilai ekonomi tinggi.



“Kalau pembuatan gula yang biasa dijual di pasaran itu memang sudah lama, tetapi produksi gula semut itu baru dilakukan sejak tahun 2009 silam,” cerita H. Mustaan, salah satu produsen gula semut Bukit Tuan sekaligus pengepul gula merah di Kekait kepada Ekbis NTB, Sabtu (21/4/2018).

Ia menjelaskan di desanya ada hampir 300-an orang yang menggantungkan hidupnya dari membuat gula merah berbagai bentuk dan hampir 114 orang yang sekarang ini dibinanya menjadi pembuat gula semut. Makanya tidak heran Desa Kekait dikenal sebagai Desa Aren yang termasyhur sejak dulu, karena potensi aren yang melimpah.



Mustaan menjelaskan, proses pembuatan gula semut lebih sulit dibandingkan membuat gula batok maupun gula bumbung, karena prosesnya yang lama. “Gula semut tidak bisa dibuat dari gula batok atau bumbung yang dihancurkan lalu diubah menjadi gula semut karena pasti rasanya berbeda,” terangnya.

Air nira yang diperoleh dari petani sebelumnya harus langsung diproses menjadi gula karena rasa dan kualitas gula sangat tergantung pada kesegaran bahan baku. Tapi tidak serta merta langsung berubah menjadi gula semut, karena proses pengadukannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Untuk bisa menjadi gula semut dibutuhkan waktu sampai 7-8 jam untuk mengaduknya baru bisa jadi,karena air niranya disaring terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang mungkin ikut” jelas Mustaan.



Proses pembuatan gula semut, imbuhnya, sudah dilakukan secara semi-modern tetapi masih dengan sentuhan tradisional. Dalam sehari, satu pembuat gula semut bisa menghabiskan 20 liter air nira yang menghasilkan 3 kg gula. Makanya pemasaran gula semut dan gula aren ini tetap lancar setiap hari terutama menjelang bulan puasa seperti sekarang ini.
Gula semut produksi khas Kekait Lombok Barat
Permintaan menjelang puasa, kata Mustaan, meningkat drastis karena kebutuhan masyarakat yang bertambah akan stok gula merah. “Gula semut ini juga menjadi favorit masyarakat karena mereka sudah tahu manfaatnya bagi kesehatan dan bagi pembuat gula, itu menguntungkan karena harganya lebih mahal,” ceritanya.

Ia membandingkan harga gula merah batok atau bumbung yang hanya dihargai Rp 45 ribu untuk ukuran 1,5 kg, sedangkan gula semut dihargai Rp 40 ribu/kg-nya. Apalagi potensi pasarnya sangat terbuka, dimana dirinya baru-baru ini mendapat tawaran untuk mengekspor gula semut untuk pasaran Eropa.

Mustaan menceritakan tawaran itu bermula dari dirinya mengikuti pameran dari Kementerian PDT di Malaysia dan menarik minat pengusaha dari Swiss yang tertarik akan produk gula semutnya. “Mereka tertarik akan produk gula semut ini, karena memang di sana sedang tren untuk konsumsi gula semut ini,” akunya.

Pengusaha tersebut meminta jumlah pengiriman gula semut yang cukup banyak mencapai 5 kontainer tetapi ditolaknya karena dirasa terlalu banyak sebab produksi belum mencapai nilai tersebut. “Dari hitung-hitungan saya, kalau semua pembuat gula semut mampu menghasilkan 3 kg/hari di NTB khususnya Lombok, hanya mampu produksi 2 kontainer atau 40 ton saja,” jelas Mustaan.

Pihaknya sudah menemukan kesepakatan untuk melakukan ekspor dengan jumlah segitu dan sebenarnya dirinya diminta mulai mengirim di bulan-bulan ini. Tetapi karena berbagai pertimbangan terutama pasar lokal yang sedang butuh, pengiriman ditunda sampai akhir puasa nanti.

Oleh karena itu, sekarang ini pihaknya sedang berupaya untuk mengajak pembuat gula semut yang berada di semua kabupaten di Lombok untuk bekerjasama memenuhi permintaan tersebut. “Saya juga sudah meminta bantuan dinas terkait untuk mengumpulkan pembuat gula merah agar lebih terintegrasi,” kata Mustaan.

Dirinya juga sudah mulai mengurus persyaratan ke Dinas Perdagangan untuk penerbitan SKA ekpor gula semut ini jika jadi. Karena dirinya memang ingin mengangkat nama daerah bahwa produk gula merah NTB tidak kalah saing dengan daerah lainnya. “”Setidaknya kalau ini jalan, banyak lapangan pekerjaan yang akan tercipta karena ini memang sangat memberdayakan masyarakat pedesaan,” sebutnya. (Uul Efriyanti Prayoba/Ekbis NTB)
Share:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive