|
Wagub NTB H. Muh. Amin bersama FKPD melakukan sidak di Lombok
International Airport, Sabtu (2/7/2016) |
Wakil Gubernur (Wagub) NTB, H.
Muh. Amin SH., M.Si melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Terminal Mandalika,
Pelabuhan Lembar dan Lombok International
Airport (LIA), Sabtu (2/7/2016). Sidak yang dilakukan bersama Forum
Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) ini untuk memantau kesiapan angkutan mudik Lebaran
2016.
SIDAK pertama dimulai di Terminal Mandalika, Mataram. Wagub didampingi
Kapolda NTB, Danrem 162/WB, Danlanud Rembiga, Danlanal Mataram, Kepala Dinas
Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) NTB, Drs. L. Bayu
Windia, M.Si dan sejumlah pejabat lainnya. Di Terminal Mandalika, wagub berkesempatan
berdialog dengan penumpang bus tujuan Bima, petugas uji narkoba dari BNN
Provinsi NTB dan salah seorang sopir bus. ‘’Pelayanan di Terminal Mandalika
masih bisa ditingkatkan lagi agar masyarakat bisa merasakan pelayanan yang
baik,’’ pinta Wagub.
Dari Terminal Mandalika, wagub bersama rombongan melanjutkan sidak di Pelabuhan Lembar. Untuk memfasilitasi
kebutuhan mudik Lebaran 2016, pihak PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan
(ASDP) Cabang Lembar menyediakan 33 armada. Kemudian tiga dermaga juga diaktifkan untuk mengurai
antrean penumpang mudik yang masuk ataupun ke luar Pulau Lombok.
Pada kesempatan itu, ia juga meninjau kesiapan salah satu kapal penyeberangan
dan posko mudik yang dipersiapkan Dishubkominfo NTB, Dinas Kesehatan Provinsi
NTB dan Polda NTB. ‘’Berikan layanan terbaik bagi masyarakat. Yang paling
penting, waspada pada cuaca buruk. Kalau tidak memungkinkan untuk berangkat,
jangan ambil risiko,’’ pesannya.
Setelah Pelabuhan Lembar, rombongan kemudian menuju LIA. Lonjakan arus
mudik di LIA sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Pada Sabtu (2/7), tercatat
sekitar 5.000 penumpang masuk melalui terminal kedatangan. Dari hasil pantauan
yang dilakukan, kesiapan para petugas,
fasilitas pendukung di area bandara, pelabuhan dan terminal serta ketersediaan
armada sudah cukup baik. ‘’Sampai saat ini tidak ada yang mengkhawatirkan. Tapi
ke depannya saya harap bisa ditingkatkan. Saya berharap para petugas dapat
bertugas dengan baik hingga arus mudik besok,’’ harapnya.
Amin berharap pelayanan pada saat arus mudik dapat terus diberikan
dengan sebaik-baiknya sampai arus balik Lebaran nanti. ‘’Kita harapkan agara
para petugas sesuai dengan tugas fungsi masing-masing dapat menjalankan tugas
dengan baik dan benar. Sudah tentu masyarakat akan merasa aman dan nyaman.
Nanti saat kembalinya juga demikian,’’ harapnya.
Sementara itu, General Manager (GM) PT. AP I LIA, I Gusti Ngurah Ardita
mengatakan sejak pembukaan Posko Lebaran 24 Juni lalu, terjadi peningkatan
jumlah penumpang di LIA. Bahkan, dua hari terakhir, katanya, jumlah penumpang
dari pintu kedatangan mencapai 5.000 orang per hari. Sementara untuk
keberangkatan sekitar 3.000 orang per hari. “Artinya orang masih banyak ke
sini, ke Lombok,” ujarnya.
Melihat angka jumlah kedatangan dan keberangkatan itu, Ardita mengatakan
hal ini menandakan Lombok, NTB sebagai destinasi pariwisata sudah bergerak.
Menurutnya, momentum Lebaran ini juga bersamaan dengan libur sekolah. ‘’Ini mendukung
juga untuk kegiatan ini,’’ ucapnya.
Ia memprediksi puncak arus mudik di LIA akan terjadi pada H-2 Lebaran. Memang, katanya, sudah diprediksi
jumlah penumpang melalui LIA akan meningkat pada momentum Lebaran ini. Pada
triwulan I 2016, sebutnya, terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 41
persen. ‘’Kita prediksi lonjakannya itu pada H-2 Lebaran,’’ pungkasnya.
Meskipun terjadi peningkatan
jumlah penumpang, namun kata Ardita, belum
ada maskapai yang mengajukan extra flight.
Tingkat keterisian penumpang rata-rata 91-94 persen. Ia menyebutkan, rute
Jakarta-Lombok dan Denpasar-Lombok merupakan yang paling padat. (nasir)