Be Your Inspiration

Wednesday 15 February 2017

Mengawal Gunung Rinjani Menjadi Geopark Dunia

Gunung Rinjani di Pulau Lombok. (Linggawuni)

Pengumuman geopark Rinjani menjadi geopark dunia akan dilaksanakan Maret mendatang. Hanya saja belum diketahui pasti apakah geopark Rinjani berhasil mendapatkan gelar geopark dunia itu. Hingga saat ini Dinas Pariwisata Provinsi NTB masih menunggu pengumuman dari UNESCO. Meski demikian Dispar optimis, sebab Rinjani merupakan satu-satunya geopark di Indonesia yang diajukan sebagai geopark dunia tahun lalu.

“Kita belum melakukan persiapan, masih mengkaji beberapa rekomendasi yang diberikan oleh Unesco. Kita tunggu dulu dan kita akan upayakan terkait rekomendasi yang diberikan. Tapi kita optimis bisa mendapatkan predikat itu,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. L. Moh.Faozal, S.Sos., M.Si., kepada Suara NTB, di Mataram, Selasa (14/2/2017).

Pihaknya akan melakukan sejumlah persiapan setelah memperlajari rekomendasi yang diberikan oleh Unesco. Hal ini juga berkaitan dengan kesiapan Rinjani sebagai geopark dunia. Sebab dengan demikian akan semakin banyak wisatawan yang datang. Terutama wisatawan penyuka tantangan. 

“Saat ini memang belum, setelah kita pelajari rekomendasinya baru kita lakukan persiapan,” ujarnya.
Sebelumnya sebanyak dua orang tim assessor UNESCO telah datang dan mulai melakukan penilaian geopark rinjani pada Mei 2016 lalu. Tim assessor itu adalah Maurizio Burlando dan Soo Jaee Lee yang telah melakukan penilaian sebagai acuan untuk memberikan rekomendasi lebih lanjut.

Konsep geopark bukan hanya dipersiapkan untuk mendapatkan predikat, namun juga meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Sebab fungsi geopark selain untuk konservasi, juga untuk pendidikan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi geopark.

Masyarakat juga diminta untuk mempersiapkan diri. Sebab penerimaan dan penyambutan dari masyarakat juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan wisatawan. Terutama masyarakat yang tinggal di lingkar Rinjani.

“Kita berharap semua berjalan dengan baik. Karena ini sudah kita usahakan sejak lama. Bulan depan adalah penentuannya,” kata Faozal.

Jumlah wisatawan yang mendaki Gunung Rinjani selama 2015 sebanyak 70.705 orang. Jumlah ini diupayakan meningkat dengan mengusulkan rinjani sebagai geopark dunia. (Linggawuni Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive