Be Your Inspiration

Friday 15 July 2016

Tradisi Ritual Adat ‘’Ngayu Ayu’’ Desa Bumbung Sembalun yang Butuh Sentuhan Pemerintah

Proses adat Ngayu Ayu di Sembalun Lombok Timur

Ritual adat Ngayu Ayu yang selalu dilaksanakan masyarakat di Desa Bumbung Kecamatan Sembalun setiap tiga tahun ini berpotensi besar dalam menarik angka kunjungan wisatawan. Namun, dalam pelaksanaan ritual adat ini masih terkesan tidak ada sentuhan anggaran dari pemerintah.

Ketua Panitia Pelaksana Ritual Adat Ngayu Ayu Sembalun, H. Iwan Wirabhakti mengaku pelaksanaan ritual adat Ngayu Ayu masih dilakukan secara gotong royong. "Mulai dari nol, pelaksanaan ritual adat ini murni biayanya dari swadaya masyarakat murni," jelasnya di Sembalun, Kamis (14/7/2016).

Meski demikian, sambungnya, sebagai adat yang merupakan turun temurun. Sudah sepatutnya adat ini dilaksanakan setiap tahunnya untuk diperingati berbagai makna yang tersimpan di dalamnya.

Potong ternak merupakan bagian dari tradisi Ngayu Ayu Sembalun Lombok Timur
Selain itu, dirinya tidak mengetahui persis berapa jumlah kunjungan wisatawan ke Kecamatan Sembalun, khususnya dalam menyaksikan langsung prosesi ritual adat Ngayu Ayu. Banyak wisatawan yang datang hanya menyaksikan prosesi ini. Meski demikian, pihaknya mengaku perhatian pemerintah sangat minim. Untuk itu, pihaknya mengharapkan pemerintah ikut berperan dalam pelaksanaan tradisi ini.  "Pelaksanaan ritual adat Ngayu Ayu sangat potensial sebagai penarik wisatawan," sebutnya.

Pada tradisi Ngayu Ayu di Desa Bumbung ini dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lotim, Kepala Dinas Kesehatan Lotim drg. Asrul Sani dan pejabat lainnya. (Yoni Ariadi Lombok Timur)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive