Be Your Inspiration

Thursday 13 August 2015

Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi Lantik Abdul Hakim sebagai Penjabat Bupati KSB

Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi melantik  
Dr. H. Abdul Hakim sebagai 
Penjabat Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) 
di Mataram, Kamis (13/8/2015).

Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi melantik dan mengambil sumpah jabatan Penjabat Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr. H. Abdul Hakim, MM, Kamis (13/8/2015) di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB.  Asisten I Tata Praja dan Aparatur Setda NTB itu diminta secara khusus mengamankan objek vital yang ada di KSB, yakni tambang PT. Newmont Nusa Tenggara (NNT). “KSB dengan usia relatif  baru namun memiliki kekhususan dibanding daerah lain. Karena ada objek vital  nasional di sana,” kata Gubernur.


Dikatakan, di KSB ada potensi-potensi yang jika dimanfaatkan dengan baik maka akan memperkuat ketahanan nasional. Namun, jika terjadi sesuatu di sana, baik secara langsung maupun tak langsung maka akan melemahkan ketahanan nasional. “Maka menjadi atensi penjabat Bupati KSB untuk berpadu dengan semuanya. Proses-proses apapun di DPRD dan lainnya agar bisa  dilaksanakan dengan baik,” sarannya.

Selain itu, Gubernur juga mengingatkan Abdul Hakim untuk benar-benar memahami apa yang diingatkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam SK pengangkatan penjabat Bupati tersebut. Di mana, sebagai penjabat Bupati, ia bertugas menyelenggarakan pemerintahan daerah. Kemudian menjaga netralitas PNS. Selain itu, memfasilitasi terselenggaranya Pilkada supaya berjalan dengan baik dan lancar.

Terkait dengan netralitas PNS dalam Pilkada, Gubernur kembali menekankan penjabat Bupati supaya bisa benar-benar menjaga supaya PNS benar-benar netral dalam Pilkada. Dikatakan, birokrasi adalah milik dan alat negara yang digunakan untuk memudahkan pelayanan publik. “Maka jaga betul agar loyalitas birokrasi kepada pemerintah. Dalam artian, birokrasi tak boleh loyalitas kepada orang per orang,”ujarnya.
Asisten I Setda NTB H. Abdul Hakim menerima SK Mendagri
terkait penunjukkan dirinya sebagai Penjabat bupati dari
Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi.

Abdul Hakim dilantik menjadi penjabat Bupati KSB berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo nomor : 131.52-4712 tahun 2015 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Sumbawa Barat. Pelantikan tersebut dilakukan karena masa jabatan bupati devinitif, Dr. KH. Zulkifli Muhadli, SH, MM dan Wakil Bupati, Drs. H. Mala Rahman berakhir pada tanggal 13 Agustus 2015. “Untuk menjamin  keberlangsungan dari proses pemerintahan  di daerah, tak boleh ada kevakuman dalam otoritas dalam fungsi-fungsi pokok,” kata Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga berterima kasih kepada Bupati sebelumnya, Dr. KH. Zulkifli Muhadli, SH, MM yang telah membangun KSB selama sepuluh tahun terakhir. Gubernur memuji Kyai Zul selama memimpin KSB yang menjadi pelopor atau nakhoda pertama pembangunan di KSB. (Muhammad Nasir)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive