Be Your Inspiration

Sunday 2 August 2015

HARGANAS XXII TAHUN 2015, NTB BOYONG ENAM PENGHARGAAN

Presiden Joko Widodo menyematkan penghargaan
berupa
Satya Wira Karya Kencana pada Gubernur NTB
TGH. M. Zainul Majdi pada puncak peringatan Harganas
di Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten, Sabtu (1/8/2015).
Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXII diselenggarakan di kota Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (1/8/2015) berlangsung meriah. Terbukti dengan torehan rekor MURI yaitu pengucapan ikrar dari 22.000 lebih pelajar SMP dan SMA sederajat se Provinsi Banten untuk menjadi generasi penerus yang berkualitas menyongsong masa depan yang lebih baik.


Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) RI, Surya Chandra Surapaty mengatakan bahwa ikrar ini merupakan bentuk komitmen para pelajar untuk tetap fokus pada prestasi di masa muda. ”Tingkat pendidikan yang tinggi mampu membawa generasi muda untuk memperoleh pekerjaan yang layak dan kemudian membangun keluarga yang sejahtera”, ujar Surya.

Kesejahteraan keluarga merupakan hal yang mendasar dalam pembangunan. Karena itu merupakan fondasi struktur bangsa dan negara yang kokoh.
Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi
bersama Ketua Tim Penggerak PKK NTB
Hj. Erica Zainul Majdisaat menghadiri
puncak peringatan Harganas
di Kota Tangerang Selatan, Sabtu (1/8/2015)

Indonesia pernah mendapatkan apresiasi dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dalam aspek Kependudukan dan Keluarga Berencana karena mampu mengendalikan angka kelahiran dan laju pertumbuhan penduduk yang mengesankan. Tidak hanya itu, pada forum Global Summit of Parliamentarians ahead of the G 8 dan G 20 Summits tahun 2013 lalu, Indonesia mendapatkan pengakuan atas keberhasilan program Keluarga Berencana.

Keberhasilan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Indonesia adalah bentuk kerja keras pemerintah pusat maupun daerah serta peran serta aktif masyarakat.
Pada acara puncak peringatan Harganas tahun 2015 ini, selain memberikan sambutan, Presiden RI Joko Widodo yang hadir pada acara ini jugamenyerahkan langsung penghargaan kepada pimpinan pemerintah daerah yang berperan serta aktif dalam program KKBPK.

Tidak kurang dari 6 penghargaan berhasil diboyong ke NTB. Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi mendapat penghargaan Satya Wira Karya Kencana. Gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang ini, merupakan satu-satunya Gubernur yang mendapatkan penghargaan ini. Pada tahun 2011 lalu, Gubernur NTB juga pernah mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana.

Penghargaan lain yang diboyong ke NTB adalah Satya Wira Karya Kencana untuk walikota kota Mataram dan Manggala Karya Kencana untuk Bupati kabupaten Lombok Utara.

Adapun anggota masyarakat NTB  yang mendapatkan penghargaan atas dedikasinya dalam mensukseskan program KKBPK ini antara lain penghargaan Wira Satya Kencana untuk dr. Sabarudin serta penghargaan Dharma Karya Kencana masing-masing untuk Hj Rokhliana, Ketua IBI cabang kabupaten Lombok Timur dan Hj. Sitti Rohmi Djajilah, Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Wathan. “Saya mengucapkan selamat dan berharap agar prestasi ini tetap dipertahankan”, harap Presiden dalam sambutannya.

Kepala BKKBN Provinsi NTB Dra. Virginia Anggraeni, mengatakan pemprov NTB memiliki komitmen tinggi dalam menjalankan program KKBPK. Bentuk konkrit komitmen ini adalah dengan menerbitkan surat edaran Gubernur nomer 150/1138/KUM tentang Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP).

“Kami bersama Tim Penggerak PKK provinsi NTB yang diketuai Ibu Hj Erica Zainul Majdi, organisasi-organisasi perempuan dan beberapa tokoh agama dan masyarakat mengusulkan untuk merevisi Undang-undang nomer 1 tahun 1974 yang mengatur tentang perkawinan. Namun usulan ini ditolak oleh MK,” ujar Virginia.


Meskipun begitu usaha untuk meningkatkan kualitas perkawinan di NTB tidak berhenti sampai disitu. BKKBN perwakilan NTB dan Tim Penggerak PKK provinsi NTB terus melakukan sosialisasi-soalisasi ke masyarakat agar tujuan itu dapat diraih. (HUmas NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive