Be Your Inspiration

Thursday 6 August 2015

Pemerintah Jepang Tawarkan Beasiswa bagi Masyarakat NTB

Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi saat menerima Konjen
Jepang di Denpasar Noboru Nomura di ruang kerjanya
Kamis (6/8/2015)
Pemerintah Jepang menggelontorkan sejumlah program bantuan ke NTB seperti pembangunan runag kelas, bantuan beasiswa pendidikan dan pembangunan panti jompo. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk program kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jepang. Pemeirntah Jepang berharap NTB menjadi salah satu provinsi yang rutin mendapatkan bantuan dari negeri Sakura tersebut.

Hal tersebut dikatakan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Denpasar, Noboru Nomura saat bertemu dengan Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi di ruang kerjanya, Kamis (6/8/2015). 


Sebelum bertemu Gubernur, Noboru beserta rombongan dari Tokyo baru saja usai menghadiri  peresmian dua unit kelas baru di SDN 3 Bengkel, Lombok Barat yang dana pembangunannya berasal dari bantuan Pemerintah Jepang.

Menurut Noboru, bantuan pembangunan ruang kelas, bantuan beasiswa pendidikan, hingga pembangunan panti jompo, merupakan beberapa jenis bantuan yang selama ini telah diberikan Pemerintah Jepang kepada masyarakat Indonesia. Bantuan ini menyasar beberapa daerah di Indonesia, salah satunya NTB.

Menurutnya, ada berbagai program kerjasama yang bisa dijalin antara Pemprov  NTB dengan Jepang. Karena setiap tahunnya, sedikitnya ada dua hingga tiga proyek bantuan dari Tokyo untuk masing-masing daerah di Indonesia. Dengan menawarkan kemudahan persyaratan, dirinya berharap NTB dapat menjadi salah satu provinsi yang rutin mendapat akses bantuan itu.

Ia memberikan contoh  untuk beasiswa pendidikan,  Jepang menyediakan bantuan beasiswa yang berjenjang, mulai D1, D3 hingga S3. Namun demikian ia meyakinkan bagi siapa saja yang ingin menuntut ilmu di Jepang diminta tidak takut kendala bahasa. “Tidak harus pandai berbahasa Jepang. Cukup menguasai bahasa internasional, karena kami sangat fleksibel dalam berbahasa, termasuk di kalangan pendidikan,” katanya.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi  berharap kerjasama serta hubungan antara Indonesia dan Jepang, dapat terus berjalan baik. Orang nomor satu di NTB ini menyebut selama ini, angka kunjungan wisatawan asal Jepang ke NTB terbilang cukup tinggi.

Warga Jepang yang bekerja di NTB  seperti misalnya di PT Newmont Nusa Tenggara dan beberapa pengusaha Jepang yang juga menanamkan modalnya di NTB menunjukkan hubungan Jepang-NTB sangat baik. Dikatakan, banyak program Pemerintah NTB yang menitikberatkan pada aspek sosial, seperti program pendampingan kepada ibu hamil hingga 1000 hari, bahkan hingga program perumahan dan pendidikan yang punya peluang untuk mendapat dukungan dari Jepang.


Untuk itu, dengan jalinan komunikasi yang baik antara Jepang dengan Pemprov NTB, melalui perwakilan Jepang yang berkedudukan di Denpasar itu, Gubernur berharap semua program yang telah berjalan di NTB dapat diteruskan, bila perlu ditingkatkan. “Saya harap segala bentuk kerjasama dan bantuan dari Jepang semakin menciptakan hubungan yang harmonis antara kedua negara,” katanya. (*)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive