Be Your Inspiration

Wednesday 12 August 2015

Unram dan UI Inisiasi Konferensi QiR di NTB


NTB kembali dipercaya sebagai tuan rumah Konferensi Internasional ke-14 bidang Quality of Research (QiR) tahun 2015. Konferensi QiR tersebut bertujuan mempresentasikan hasil penelitian bidang lingkungan hidup dari para peneliti, baik nasional maupun internasional. Konferensi ini juga bertujuan menganalisa dampak lingkungan yang diakibatkan oleh pembangunan berbagai sektor, seperti  pertambangan, pertanian, peternakan, kehutanan, pariwisata, kelautan dan teknik.


Konferensi QiR ini diinisiasi Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) yang bekerjasama dengan Universitas Mataram (Unram) dan STIMIK Diponegoro. Acara ini dibuka langsung Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi di salah satu hotel berbintang di Mataram, Selasa (11/8). Hadir juga diacara ini Kepala BPH Migas, Andy Noorsaman Sommang, Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. Rektor Unram, Prof. H. Sunarpi, PhD, Direktur STIMIK Diponegoro.

Dalam sambutan pembukannya, Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan tersebut di NTB.  Ditegaskannya, pemerintah tidak mungkin menyandarkan pembangunan NTB pada eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan. Justru, seluruh program pembangunan yang dicanangkan tidak berdampak pada menurunnya kualitas lingkungan. “Sejak dulu, kami telah mencanangkan NTB Hijau sebagai payung seluruh program pembangunan,” jelasnya.

Sejalan dengan program NTB Hijau, gubernur berharap agar konferensi tersebut menjadi forum untuk melahirkan rumusan yang tepat dan cerdas bagi keberlangsungan lingkungan hidup. Sehingga penggunaan teknologi dalam pembangunan ke dapan tetap meningkatkan produktivitas sekaligus mempertahankan daya dukung lahan dalam jangka waktu yang lama. (*)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive