Be Your Inspiration

Wednesday 15 February 2017

Jumat, 17 Februari 2017 Puncak Bau Nyale di Lombok Tengah

Seorang murid SD menunjukkan nyale hasil tangkapan di Pantai Seger Kuta Lombok Tengah

Pemkab Lombok Tengah (Loteng) memastikan puncak perayaan event Bau Nyale dihelat Kamis (16/2/2017) malam  hingga Jumat (17/2/2017). Di satu sisi, nyale (cacing laut) yang menjadi simbol perayaan Bau nyale sudah ditangkap sejak Rabu (15/2/2017) pagi.

Sekda Loteng, H.M. Nursiah, S.Sos.M.Si. usai memberi keterangan pers, di kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayan (Disparbud) Loteng, Rabu (15/2/2017), menjelaskan, agenda perayaan Bau Nyale sudah disusun sejak awal. Termasuk hari puncak perayaannya sudah ditentukan jauh-jauh hari sebelumnya. Agenda ini sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah, sehingga tidak ada perubahan dari jadwal yang sudah ada.

“Memang di beberapa tempat dari informasi yang masuk, nyale sudah ada. Tapi untuk puncak perayaannya tetap sesuai rencana dan agenda yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

Persoalan adanya kekhawatiran kalau nyale tidak akan ada pada puncak perayaannnya besok, itu di luar kekuasaan pemerintah daerah, karena semua sangat tergantung kondisi alam. “Penentuan puncak perayaan Bau Nyale kan melalui prediksi dari para tokoh adat. Masalah kemudian prediksi tersebut tepat atau tidak, itu di luar kuasa kita sebagai manusia,” terangnya.

Bagi Pemkab Loteng, semua agenda perayaan Bau Nyale telah disusun dan beberapa agenda sudah mulai berjalan. Untuk puncak perayaan pada Kamis hari ini akan dibuka dengan kegiatan lomba masak ikan dilanjutkan dengan karnaval Bau Nyale yang akan diikuti puluhan peserta, baik peserta dari Loteng maupun luar Loteng di Kota Praya.

Malam harinya, sejumlah hiburan tradisional digelar di Pantai Seger Kuta yang merupakan lokasi puncak perayaan event budaya tahunan warga Loteng ini.

Disinggung perayaan karnaval Bau Nyale, Nursiah mengaku kalau pelaksanaan karnaval tahun ini agak beda dengan tahun-tahun sebelumnya, baik dalam hal konsep acara hingga peserta karnaval. 
Dengan perubahan konsep dan peserta tersebut, diharapkan karnaval Bau Nyale tahun ini bisa menjadi suguhan tontonan yang menarik bagi masyarakat sekaligus sebagai ajang memperkenalkan Bau Nyale kepada masyarakat luas. (Munakir Lombok Tengah) 
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive