Be Your Inspiration

Wednesday 1 February 2017

Menjelajah Indahnya Sembilan Gili di Lombok Timur Lewat Desa Paremas

 
Akses jalan menuju Gili Beleq di Lombok Timur lewat Desa Paremas Jerowaru Lombok Timur
Desa Paremas, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) adalah salah satu desa yang bisa ditetapkan sebagai destinasi wisata baru. Pasalnya, potensi wisata yang dimiliki desa ini mengundang decak kagum setiap orang yang baru mengunjunginya. Nikmatnya kuliner khas laut dan indahnya pemandangan di sembilan gili bisa menjadi maskot destinasi wisata ini.

PEMANDANGAN indah sederetan gili dan nikmatnya kuliner yang disuguhkan di Paremas ini membuat kesan sendiri. Jembatan bambu yang dikelilingi rerimbunan pohon bakau menyambut setiap tamu yang datang ingin mengunjugi spot paling menarik di Paremas ini.

Kepala Desa Paremas Sahman menguraikan, desanya ini menunggu sentuhan lebih serius  lagi dalam pengembangan potensi wisata. Kuliner yang bisa dinikmati adalah lobster goreng, rajungan atau kepiting besar, base dan ketengge, udang krispi dan cumi bakar goreng.
 
Lesehan terapung yang ada di Desa Paremas Jerowaru Lombok Timur
Semua sajian menu khas laut itu dapat dengan mudah ditemukan di Desa Paremas ini. Tak ayal, potensi alam laut yang dimiliki Paremas membuat desa yang beberapa tahun lalu yang dimekarkan dari Desa Pemongkong ini menjadi kaya. Namun sejauh ini belum mendapatkan sentuhan.   
 
Adapun pulau-pulau kecil atau gili di Desa Paremas ini antara lain Gili Mangkem, Gili Re, Gili Beleq,   Gili Kuri,  Gili Nusa , Gili Ganten, Gili Krata, Gili Surak, Gili Botak dan Gili Gempur. Tiga gili di antaranya sudah berpenghuni, yakni Beleq, Re dan Nusa.

Kekayaan alam yang dimiliki Paremas ini sejauh ini belum bisa  memberikan manfaat besar bagi kemajuan Desa Paremas. Pasalnya, pemanfaatannya belum bisa maksimal. Kuliner saja baru satu orang yang membuat warung terapung di kawasan Paremas ini. Rumah Makan Terapung Sadewa. Pun satu-satunya yang membuat homestay.

Melihat potensi tersebut,  hanya investor besar yang bisa membangun kawasan tersebut dan menyulapnya menjadi kawasan yang ramai dikunjungi wisatawan. Potensi wisata lanjutnya, menjadi daya tarik yang paling menggiurkan untuk dikembangkan dan Paremas ini menunggu investor tersebut.
 
Deretan Gili di Kecamatan Jerowaru Lombok Timur yang bisa diakses lewat Desa Paremas
Kades Paremas ini memastikan, semua kawasan di desanya ini sangat aman dan nyaman bagi investor untuk menanamkan investasinya. Kelebihan lainnya, lokasi di sepanjang perairan Paremas ini bisa sebagai tempat jetsky.

Tawaran lainnya yang bisa diberikan Paremas ini, katanya bisa menjadikan kunjungan wisatawan ke Pantai Pink, Tanjung Ringgit dan sekitarnya melalui jalur Paremas. Di mana, jalur laut Paremas ini bisa lebih menarik dengan mengelilngi sederetan gili lewat perahu.

Pemkab Lotim katanya, sudah siap membangunkan dermaga tempat bersandar perahu-perahu nelayan yang siap mengantar para wisatawan keliling. Menikmati keindahan pulau-pulau yang eksotik dan menawan.  (Rusliadi/Suara NTB/Lombok Timur)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive