Be Your Inspiration

Monday 19 March 2018

Makin Menjanjikan, Banyak Investor Siap Berinvestasi di Sekotong di Bidang Pariwisata


 Pemandangan di kawasan Sekotong yang menjadi daya tarik investor untuk berinvestasi. Dalam waktu dekat ada beberapa investor siap membangun bungalow dan restoran. 
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Lombok Barat (Lobar) mencatat beberapa destinasi pulau wisata di wilayah ini, seperti Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Kedis, Gili Sudak, Gili Layar, Gili Rengit siap mendunia. Keberadaan destinasi tersebut dinilai sangat potensial untuk dipromosikan. Bahkan beberapa investor berinvestasi membangun bungalow dan restoran di Sekotong.

“Pekan ini saja, sudah ada tiga perusahaan yang meminta untuk berinvestasi non fasilitas berinvestasi di Sekotong, membangun bungalow dan restoran,”  kata Plt Kepala DPM-PTSP Lobar H. Dulhair, Jumat (16/3/2018)

Ia menjelaskan, dalam menjaring investasi ini tentu daerah harus menawarkan kemudahan-kemudahan berinvestasi bagi investor guna menumbuhkan angka investasi di daerah. Kemudahan yang diberikan antara lain, pihaknya mempermudah dari sisi perizinan.

Begitu investor tertarik dengan spot-spot wisata, DPM-PTSP mengarahkan investor mendapat rekomendasi dari Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Lobar. “Bila cocok dengan instansi terkait, izin prinsip ini lagsung diberikan BKPRD,” katanya.

Setelah izin prinsip dikantongi, sambungnya, DPM-PTSP memberikan kemudahan kepada investor berupa pengusulan beberapa izin sekaligus. Misalnya, Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (IPPT), Izin Lingkungan, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Tempat Penjualan Minuman Berakohol (ITPMB).

Kemudahan lainnya, DPM-PTSP sudah berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam mengubah status tanah. Dari hak milik menjadi Hak Guna Bangunan (HGB) atau Hak Guna Usaha (HGU). Di samping itu, jika investasinya PMA (penanaman modal asing) dan PMDN (penanaman modal dalam negeri) ada fasilitas yang diberikan. Seperti ada insentif untuk mereka (investor) dari segi pajak, kemudahan memasukkan barang-barang impor dari luar negeri.

Berbagai upaya pun dilakukan, termasuk mengikuti pameran dalam mempromosikan destinasi wisata. Tanggal 3 Desember ini, pihaknya diutus untuk ikut pameran di Batam Provinsi Kepulauan Riau. Meski demikian, setelah sekian banyak kemudahan yang diberikan dari Pemkab Lobar ini tentu diharapkan rencana investasi segera terealisasi. DPM-PTSP pun gencar menjaring investor-investor nakal atau spekulan. Agar tidak terjadi pemindahatanganan investasi yang kerap membuat investasi melambat.(Heru Lombok Barat/Suara NTB)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive