Be Your Inspiration

Saturday 24 November 2018

Perang Topat, "Perang" Damai Warga Muslim dan Hindu di Lombok Barat

Suasana Perang Topat di Pura Lingsar, Kamis (22/11/2018)
Pelaksanaan event budaya perang topat yang digelar Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) meninggalkan kesan baik bagi pengunjung dan warga. Ramai, meriah dan mengesankan, itu yang dirasakan para warga korban gempa. Ketika menyaksikan event budaya perang topat yang digelar kembali Pemkab Lobar di Pura Lingsar, Kamis (22/11/2018).

Event tahunan Pemkab Lobar ini sungguh menjadi hiburan bagi para korban gempa di kawasan Lingsar setelah bencana gempa bumi yang melanda beberapa bulan lalu.
Bagaimana tidak, keseruan itu menjadi sarana trauma healing yang menghibur. Bahkan terlihat wajah ceria para warga yang terlibat langsung dalam perang topat itu.

“Benar-benar terhibur, rasa trauma bencana gempa itu sudah agak hilang. Padahal rumah saya masih rusak,” ujar I Ketut Tati, salah seorang warga Lingsar.

Tidak hanya itu event budaya yang mencerminkan toleransi beraga itu membuat kagum Viola. Wisatawan asal Jerman ini tidak menyangka kerukunan umat beragama sangat terpancar dari umat Muslim dan Hindu. Ini menjadi kali pertama dia menyaksikan tradisi unik itu.
“Benar-benar gila, saya tidak percaya kalau tidak melihat sendiri. Ini unik, saya beragama Katolik, ini hal mustahil bisa melihat langsung Muslim dan Hindu akur seperti ini,” ujarnya kagum.

Iapun merasa Lombok sudah aman untuk dikunjungi kembali. Iapun berencana untuk datang kembali ke Lombok untuk berlibur. Bahkan akan mengajak kerabat dan sahabatnya datang ke Llombok.
“Saya rasa Lombok sudah aman,” ujarnya.

Sementara  Kepala Dinas Pariwisata Lobar, Ispan Junaidi mengatakan jika, event budaya ini sebagai bentuk usaha dalam membangkitkan pariwisata. Menurutnya dengan segala kondisi yang ada pasca gempa diharapkan juga dapat menghibur korban gempa. Sebab selama rangakain perang topat itu digelar juga berbagai hiburan rakyat.

“Ada hiburan peresean yang digandrungi masyarakat,” ujarnya. Pihaknya pun ingin menunjukkan kepada wisatawan luar jika Lombok sudah aman pasca gempa. Terlebih lagi adanya keterlibatan para travel agent yang turut membawa tamu sebagai usaha meyakinkan para wisatawan asing.
“kita sudah move on, dan bangkit,” pungkasnya. (Heru/Lombok Barat)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive