Be Your Inspiration

Thursday 10 January 2019

Event Bau Nyale Lombok Tengah Masuk Sepuluh Besar Kalender Event Nasional 2019



 Rapat persiapan Bau Nyale di kantor Bupati Loteng, Rabu (9/1/2019). Tahun ini Bau Nyale masuk sepuluh besar kalender event nasional. 
Event budaya Bau Nyale tahun ini masuk sebagai top ten (sepuluh besar) kalender event utama nasional. Bersama Festival Borobudur, Jember Fashion Carnival (JFC) dan beberapa event utama lainnya. Dan, event Bau Nyale  bakal jadi event pemuka dari sepuluh event utama tahun 2019 ini.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, H.L. Moh. Faozal, S.Sos. M.Si., saat rapat persiapan event Bau Nyale di kantor Bupati Loteng, Rabu (9/1/2019), mengatakan, peluncuran kalender event nasional ini sudah diluncurkan Kementerian Pariwisata beberapa waktu lalu di Jakarta. Masuknya event Bau Nyale ke dalam top ten kalender event nasional tahun ini adalah bentuk pengakuan pemerintah pusat akan eksistensi event Bau Nyale sebagai event kelas dunia.

"Jadi kelas event Bau Nyale sekarang sudah tidak lagi skala lokalan atau provinsi. Tapi sudah skala nasional bahkan dunia," ujarnya.

Karena statusnya sudah menjadi event unggulan nasional, maka pelaksanaannya tahun ini harus lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya. Terutama dari sisi konsep pelaksanaannya, harus benar-benar matang.


Faozal mengatakan, pada event Bau Nyale tahun ini setidaknya ada tujuh kegiatan yang akan digelar. Mulai dari peresean, Mandalika Carnival, kampung kuliner, dialog kreatif, pemilihan Putri Mandalika dan malam puncak Bau Nyale. "Sekali lagi, karena status event Bau Nyale sudah menjadi event unggulan maka tentunya semua event pendukung, pelaksanaannya harus lebih hebat dari sebelum-sebelumnya," imbuhnya. 



Sebagai event pembuka, pihaknya tengah berupaya agar Presiden Joko Widodo bisa hadir pada puncak perayaannya nantinya. Yang waktu pelaksanaannya segera akan ditetapkan, sehingga gaung dari event Bau Nyale tahun ini bisa benar-benar luas.

Di tempat yang sama, Sekda Loteng H.M.Nursiah, S.Sos.M.Si., mengatakan untuk puncak perayaan Bau Nyale sakan segera ditetapkan melalui pertemuan para tokoh dan pemuka adat Loteng bagian selatan. "Untuk penetapan puncak Bau Nyale itu dilakukan melalui Sangkep Warige  yang ikuti para pemuka-pemuda ada di daerah ini," terangnya. 

Menurutnya, penetapan puncak Bau Nyale tidak bisa sembarangan, karena harus melalui pertemuan para tokoh dan pemuka adat di daerah ini. "Inilah yang membedakan event Bau Nyale dengan event-event lainnya. Proses penetapannya khusus, melalui pertemuan para tokoh dan pemuda ada,"  tegasnya. (Munakir/Suara NTB)

Share:

1 komentar:

Rai Vinsmoke said...

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive