Be Your Inspiration

Monday 7 January 2019

Cagar Budaya yang Rusak Akibat Gempa di Lombok Utara Segera Diperbaiki

Rumah Adat Kabupaten Lombok Utara
Pemkab Lombok Utara (KLU) akan menata kembali keberadaan cagar budaya yang rusak akibat gempa. Melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019, Pemda Lombok Utara menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 miliar.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Utara, H. Muhamad, S.Pd., mengakui fokus penataan cagar budaya dihajatkan untuk mengembalikan kondisi objek wisata. Pascagempa, banyak cagar budaya yang rusak. “Banyak cagar budaya yang di-recovery, dananya itu dari DAK. Rehabilitasi sebenarnya telah dilakukan pascagempa akhir tahun 2018, tapi terbentur dengan kepercayaan masyarakat," ujar Muhamad.

Ia menjelaskan, salah satu rehailitasi cagar budaya dilakukan di Masjid Kuno Bayan. Hanya saja, akibat kepercayaan masyarakat prosesnya tersendat. Apa yang sudah dibangun bahkan dirusak, sehingga sampai saat ini, rehabilitasinya tertunda.

Muhamad melanjutkan, perbaikan cagar budaya juga dilakukan di Kecamatan Kayangan. Antara lain lokasinya, di Desa Adat Sesait, Dusun Dasan Beleq Desa Gumantar dan kampung tradisional Segenter. "Cagar-cagar budaya ini prioritas rehabilitasi kita tahun ini, tetapi tergantung ketersediaan anggaran," imbuhnya. “Tetapi karena kita ini keterbatasan budget makanya kita akan melihat yang benar-benar prioritas untuk didahulukan,” ungkapnya.


Disbudpar KLU, tambahnya, memperoleh alokasi dana sebesar Rp 6 miliar dari kementerian. Meski masih rencana, namun pihaknya optimis KLU akan memperoleh prioritas, karena sebagai daerah terdampak gempa.

Dana rehabilitasi itu tidak hanya diperuntukkan  bagi pemugaran cagar budaya, melainkan penataan objek wisata di daratan. Salah satunya disebutkan Muhamad, objek  wisata Senaru ikut rusak akibat gempa. Begitu pula dengan jalur pendakian di wisata Gunung Rinjani.

Bersamaan dengan itu, promosi cagar budaya juga dibutuhkan untuk menarik minat wisatawan. "Kita sudah persiapkan sejumlah event budaya untuk mendukung hal tersebut. Di antaranya dengan menampilkan seni seni budaya lokal," tandasnya. (Johari/Lombok Utara)
Share:

1 komentar:

atmanagara said...

Mari segera bergabung dengan kami.....
di IONPK.ORG.:)
pin BB : 58ab14f5 , di add ya...
Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
Dijamin seru dan menghasilkaN IONPK.ORG

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive