Be Your Inspiration

Monday 27 July 2015

Pertama di Asia Tenggara, NTB Kembangkan e-Tourism

Pemprov NTB melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) akan mengembangkan model promosi pariwisata dengan system e-tourism. Sistem promosi yang diklaim baru pertama di Asia Tenggara ini diharapkan akan mendongkrak angka kunjungan wisatawan mancanegara dan domestic ke NTB.


“Karena 75 persen orang atau  calon wisatawan menentukan kemana dia pergi mereka memperoleh informasinya dari internet ini, system e-tourism ini,” kata Ketua BPPD NTB, Taufan Rahmadi pada Suara NTB pertengahan Juli 2015.

Ia mengatakan, pengembangan system e-tourism dalam mempromosikan pariwisata NTB ini masih dalam penggodokan. Dalam pengembangan e-tourism ini, katanya, Pemprov NTB akan bekerjasama dengan BUMN PT Telkom Indonesia yang nantinya akan menyiapkan segala infrastruktur yang diperlukan.

“Kita kanal-kanal dari digital marketing kita sudah siap, tinggal dikoneksikan dengan infrastruktur yag dibangun PT Telkom. E-tourism itu salah satu inovasi dalam dunia promosi pariwisata bahwa kita memiliki realtime destination. Ada 11 destinasi terbaik yang ada di NTB ini akan dipasangkan  CCTV,” ucapnya.

Dengan begitu, kata Taufan, calon wisatawan bisa melihat secara real time destinasi wisata yang akan dikunjungi cukup dengan smartphone mereka. Hasil kajian Telkom, katanya, melalui system ini akan mampu mendongkrak angka kunjungan lebih dari 20 persen. Misalnya, sebelumnya ditargetkan angka kunjungan sebanyak dua juta wisatawan. Maka dengan system e-tourism ini, angka kunjungan diprediksi bias menembus angka 2,5 juta wisatawan.

“Karena kita tahu dengan e-tourism ini benar-benar sekarang digital life. Ini kita harapkan nanti semua wisatawan itu tahu tentang daerah NTB ini, tidak mesti mencari informasi yang susah. Ketika dia googling langsung dia bisa mengakses destinasi yang akan dikunjungi,”imbuhnya.

Taufan menambahkan, ketika rating NTB dalam mesin pencari di internet tinggi maka otomatis orang akan semakin yakin dating ke NTB. Sehingga akan meningkatkan angka kunjungan ke daerah ini. “Infrastruktur itu dibuat oleh Telkom. Usulannya kami dari BPPD. Ini disambut baik oleh Telkom. Kita tak ada keluar uang sama sekali,”terangnya.

Ia menyebutkan 11 destinasi wisata yang akan dipsang CCTV dalam mendukung pengembangan e-tourism ini akan dimulai dari Pulau Lombok. Mislanya untuk kawasan Tiga Gili di Lombok Utara, destinasi wisata di Kota Mataram, Kawasan Pantai Kuta Lombok Tengah dan sekitarnya, kawasan Gunung Rinjani dan Bandara Internasional Lombok (BIL).(muhammad nasir)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive