Be Your Inspiration

Monday 13 July 2015

Sidak Angkutan Lebaran, Wagub NTB Minta Pengelola Pelabuhan Perhatikan Aspek Keselamatan

Wagub H. Muh. Amin saat berdialog dengan salah satu
nahkoda saat sidak angkutan Lebaran
di Pelabuhan Lembar, Senin (13/7/2015). 

Kapal-kapal tua yang sudah berumur puluhan tahun masih diizinkan melayani angkutan penyeberangan  di daerah ini. Kondisi ini mendapat sorotan Wakil Gubernur (Wagub) NTB, H. Muh. Amin, SH, MSi, saat inspeksi mendadak (sidak) angkutan lebaran di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat (Lobar), Senin (13/7/2015) siang. Adanya kondisi ini dibenarkan Otoritas Pengelola Pelabuhan (OPP), jika ada beberapa kapal yang dibuat tahun 1980-an masih bisa beroperasi melayani Lembar-Padangbai.


 “Katanya umurnya ndak jadi ukuran karena tiap tahun masuk docking. Sehingga dia sehat kembali. Kalau sudah tua docking-docking terus perlu peremajaan. Jadi perusahaan itu perlu memikirkan hal itu. Jangan karena dia bilang laik-laik terus tetapi umur sudah puluhan tahun ya kita ragu juga naik kapal itu,” kata wagub dikonfirmasi di sela-sela sidak.
Wagub NTB H. Muh. Amin bersama kepala SKPD lingkup
Pemprov NTB saat sidak di Pelabuhan Lembar, Senin (13/7/2015)

Ikut dalam sidak tersebut Kapolda NTB, Brigjen Pol. Umar Septono, Kepala BNN Provinsi NTB, Kombes Pol Drs Sriyanto, M.Si, Kajati NTB, Martono, SH, pimpinan SKPD lingkup Pemprov NTB dan sejumlah pejabat lainnya.

Amin mengharapkan, para pengusaha angkutan penyeberangan melakukan peremajaan armada yang dimiliki. Ia juga meminta, dalam angkutan penyeberangan tidak sampai terjadi over kapasitas jumlah penumpang. Apalagi ada kecenderungan, penumpang yang menggunakan jasa angkutan penyeberangan lebih banyak malam hari ketimbang siang hari.

“Kapasitas penumpang  juga salah satu yang menjadi perhatian. Karena seringkali terjadi kecelakaan karena kapasitas penumpang yang berlebihan. Tetapi, selama kita di NTB sejauh ini belum ada kecelakaan akibat kelebihan kapasitas. Kita harus tegas begitu, untuk kenyamanan dan keselamatan penumpang,” imbuhnya.

Sebelum melakukan sidak di Pelabuhan Lembar, orang nomor dua di NTB ini melakukan sidak di Terminal Mandalika Kota Mataram. Ia meminta seluruh sopir bus baik Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) harus dites kesehatannya, baik dari narkoba maupun minuman alkohol. Begitu juga bagi para nakhoda kapal penyeberangan, juga diminta dilakukan tes narkoba dan alKohol.

Jumlah armada kapal yang disiapkan otoritas pelabuhan di penyeberangan lintas Lembar-Padangbai sebanyak 30 armada. OPP juga sudah mengantisipasi lonjakan penumpang sampai dengan 40 sampai 50 persen dengan jumlah armada yang ada.

Usai sidak di Pelabuhan Lembar, kemudian dilanjutkan ke Bandara Internasional Lombok (BIL). Wagub beserta rombongan diterima langsung General Manager PT Angkasa Pura I BIL, Pujiono. Pada kesempatan tersebut, Wagub mendapatkan penjelasan bahwa BIL siap dalam melayani angkutan mudik dan balik lebaran tahun ini. Dibandingkan tahun lalu, jumlah penumpang melonjak sekitar 24 persen pada periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar 15 persen. (MUHAMMAD NASIR)



Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive